Kota JogjaNews

Film Serial Edukatif Murid5 Sudah Resmi Diluncurkan di Youtube

0
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memproduksi film serial inspriratif berjudul Murid5 yang bisa diakses secara langsung melalui platform Youtube. Film serial ini diluncurkan oleh Tim Advokasi Program Pengembangan Kapasitas Penerapan Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar (PKP-SPM Dikdas). Peluncuran film ini juga mendapat dukungan Kementerian Agama, Uni Eropa dan ADB.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan berterima kasih atas dukungan Uni Eropa dan ADB untuk pendidikan khususnya melalui program PKP-SPM Dikdas, “Pendidikan adalah sebuah gerakan. PKP-SPM Dikdas sebagai kerja kolaboratif memberikan contoh yang baik tentang sinergi berbagai komponen bangsa untuk meningkatkan akses dan kualitas layanan pendidikan secara merata dari Sabang sampai Merauke.”

Mendikbud juga mengapresiasi kolaborasi kreatif pada produksi MURID5 ini “Saya mengapresiasi setinggi-tingginya para profesional komunikasi kreatif yang mewujudkan pembuatan serial MURID5 ini ini,” tambahnya.

Kepala Bagian Kerjasama Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia Franck Viault menyatakan apresiasinya atas kolaborasi para pihak di PKP-SPM Dikdas ini, “Uni Eropa telah menunjukkan komitmennya dengan hibah senilai 37,3 juta Euro untuk 108 kabupaten/kota di 16 provinsi. Dengan pendekatan yang tepat di tangan tim yang kokoh, kita berharap program ini dapat mencapai sasarannya. Kampanye elektronik dengan film MURID5 ini memberikan optimisme. Semoga makin banyak pihak dengan strategi yang jitu bersama membangun kesadaran pentingnya pendidikan di Indonesia.”

Country Director Bank Pembangunan Asia (ADB) Indonesia Resident Mission, Steven Tabor menyatakan terima kasihnya kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Uni Eropa atas kepercayaan bagi ADB dalam pengelolaan PKP-SPM Dikdas ini. “ADB telah lama membantu pemerintah Indonesia mewujudkan pendidikan berkualitas bagi generasi muda. Untuk itu, kami dorong PKP-SPM Dikdas sebagai solusi pemerataan kualitas layanan pendidikan di era otonomi daerah.”

Ditambahkannya, “Saya berharap MURID5 sebagai karya tangan-tangan kreatif ini menjadi tontonan alternatif pembawa pesan kemajuan bangsa Indonesia,”.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Hamid Muhammad menegaskan bahwa SPM Dikdas sebagai tolok ukur kinerja dan kualitas layanan pendidikan dasar di Indonesia harus menjadi pendorong kemajuan di berbagai daerah. “Kami harapkan pemerintah kabupaten/kota penerima hibah PKP-SPM Dikdas bisa menjadi contoh bagi kabupaten/kota lainnya. Serial MURID5 ini semoga bisa menggerakkan semua pihak memenuhi SPM Dikdas di berbagai penjuru Indonesia,” tegasnya.

Murid5 merupakan serial inspiratif yang menceritakan anak-anak, guru dan komite sekolah untuk memperjuangkan sebuah sekolah agar memenuhi Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar (SPM Dikdas), selain itu Film serial Murid5 ini juga menggambarkan sekolah-sekolah yang tak memenuhi layanan standar minimal sekolah.
Untuk saat ini episode pertama dari total 17 episode serial Murid5 sudah bisa disaksikan di Youtube dengan akun Murid5 Series atau melalui tautan https://www.youtube.com/watch?v=BmX-jCuy7B4
murid5-film seri

Prisma Mendarat di Android

Previous article

Bantaran Sungai Bakal Dipasang Lampu Sorot

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja