Kab BantulNews

Disengat Ubur-ubur Beracun, Ini yang Perlu Dilakukan

0

Sepekan terakhir sebanyak 20 wisatawan pantai Parangtritis menjadi korban sengatan ubur-ubur beracun. Tim Search and Rescue (SAR) Pantai Parangtritis tak henti memberikan imbauan kepada para wisatawan tetap berhati-hati.

Salah seorang petugas SAR Parangtritis Rini Sulistyowati menuturkan korban sengatan ubur-ubur akan mengalami panas yang menjalar di seluruh tubuhnya disertai dengan bilur-bilur. Demi memulihkan kondisi korban tim SAR biasanya menyarankan korban untuk melakukan aktivitas yang dapat cepat meningkatkan suhu tubuh dan mengeluarkan keringat.

Selain itu, untuk menangani korban sengatan ubur-ubur tim SAR menyediakan cuka untuk membilas bagian yang terkena sengatan racun ubur-ubur supaya ternetralisir. Selama ini penanganan yang dilakukan tim SAR hanya sebatas pertolongan pertama. Karena menurut penuturan Rini biasanya korban akan pulih dalam waktu satu hingga dua jam.” Belum ada korban yang sampai dirawat intensif,” tuturnya.

Lebih lanjut, menurut Rini musim ubur-ubur kali ini tak seperti pada tahun-tahun sebelumnya yang datang pada Juni hingga Juli. Kata Rini pada 2015 lalu, tim SAR sempat kuwalahan karena musim ubur-ubur bertepatan pada hari libur lebaran. Akibat banyaknya pengunjung, dia mencatat setidaknya terdapat 1200 wisatawan yang menjadi korban sengatan ubur-ubur dalam waktu sepekan.

“Pada musim ubur-ubur tahun lalu kami tidak sempat istirahat karena mengurus wisatawan yang banyak tersengat ubur-ubur. Sampai-sampai kami juga mencetak selebaran yang berisi himbauan tentang bahaya ubur-ubur kepada setiap wisatawan yang datang, ” ujarnya. Ubur-ubur yang berbahaya hanya pada serabutnya saja, menurut Rini jika hanya dipegang gelembunnya tidak akan menyengat. Irwan A. Syambudi/JIBI/Harian Jogja |

PLN Bakal Rekrut 5.558 Pegawai Baru

Previous article

Butik Emas Logam Mulia PT Antam Jogja Tawarkan Promo Emas Batangan Harga Pabrik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul