Kab BantulNews

BPBD Bantul Minta Masyarakat Waspadai Bencana Saat Pancaroba

0
Kulonprogo banjir
ilustrasi banjir (JIBI)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengimbau warga di daerah itu mewaspadai bencana yang berpotensi terjadi pada musim pancaroba seperti sekarang ini.

“Kalau terkait dengan musim, sekarang ini sudah masuk pancaroba atau musim peralihan dari kemarau ke hujan, sehingga warga perlu waspadai keadaan yang berpotensi terjadi,” kata Kepala BPBD Bantul, Dwi Daryanto di Bantul, Jumat.

Menurut dia, sesuai prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, pada minggu-minggu ini potensi terjadinya hujan sudah tinggi, bahkan diperkirakan sampai Oktober nanti potensi terjadinya hujan masih sangat tinggi.

Ia mengatakan, selain potensi hujan tinggi pada musim pancaroba ini biasanya juga terjadi angin kencang yang biasanya menyertai hujan lebat, kemudian gelombang pasang terjadi di perairan pantai selatan atau samudera.

“Dari semua itu bisa sebabkan banyak pohon tumbang, tanah longsor, sungai meluap dan abrasi pantai, di beberapa tempat sudah kejadian, akan tetapi di Bantul masih landai, sementara kalau gelombang pantai terbilang tinggi,” katanya.

Meski belum ada kejadian bencana akibat hujan yang turun dalam beberapa hari terakhir ini, namun kata dia, lembaganya tetap meningkatkan kesiapsiagaan aparat dan masyarakat untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk.

“Di setiap saat dengan potensi hujan tinggi masyarakat harus selalu waspada, khususnya masyarakat yang tinggal di sepanjang bantaran sungai dan di bawah tebing-tebing, agar tidak menjadi korban,” katanya.

Menurut dia, ada beberapa sungai yang mengalir di wilayah Bantul rawan meluap akibat musim hujan, di antaranya Sungai Winongo, Sungai Code dan Sungai Opak, karena sungai-sungai tersebut berhulu dari utara wilayah Kota Yogyakarta.ant

Bandara Baru Jogja – New Yogyakarta Internatioal Airport

Previous article

Ini Cara Jaga Mata Agar Selalu Jernih

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul