CulinaryFlash InfoLifestyle

7 Manfaat Terbaik Minum Kopi bagi Kesehatan

0
harperbazaar

Starjogja.com, Yogyakarta – Minum kopi sudah menjadi kebiasaan sehari-hari hampir sebagian besar orang di Indonesia. Selain membuat rileks, ternyata kebiasaan minum kopi juga bermanfaat untuk kesehatan.

Meski hampir semua orang mengetahui bila minum kopi dapat membuat kita tahan lebih lama untuk terjaga, tapi sebenarnya manfaat minum kopi lebih dari itu.

Apa saja manfaat dari minum kopi?

Melindungi Anda dari diabetes tipe 2

Sebuah studi menemukan, peningkatan konsumsi kopi menurunkan risiko diabetes tipe 2 sampai 11 persen. Tapi dianjurkan, minum kopi tidak lebih dari 2-3 cangkir sehari agar tetap sehat secara keseluruhan.

Meningkatkan metabolisme

Sejumlah studi telah menunjukkan bahwa kafein meningkatkan metabolism tubuh hingga 3-10 persen. Banyak studi mengklaim bila kafein dapat meningkatkan pembakaran lemak higga 29 persen. Minum minuman berkafein sebelum berolahraga juga akan meningkatkan kinerja dengan membangkitkan adrenalin dalam darah.

Melindungi jantung

Meskipun beberapa studi masih bertentangan dengan ini, analisis Harvard dari 36 studi menemukan, kopi sebenarnya bisa melindungi Anda terhadap penyakit kardiovaskular. Anda dapat memperoleh manfaatnya dengan meminumnya tak lebih dari 3 cangkir kopi per hari.

Mengurangi risiko terkena kanker

Minum kopi melindungi Anda dari beberapa jenis kanker. Misalnya, kanker payudara, kulit, prostat, dan kanker otak.

Mencegah penyakit Parkinson

Beberapa penelitian selama bertahun-tahun menunjukkan, hubungan terbalik antara konsumsi kopi dan risiko mengembangkan penyakit Parkinson. Studi paling terkenal di tahun 2001, menunjukkan bahwa minum 4-5 cangkir kopi setiap hari dapt mengurangi resiko Parkinson hingga hampir 50 persen.

Melindungi Anda dari depresi

Sebuah studi di tahun 2011 menemukan, minum kopi 2-4 cangkir sehari dapat menurunkan risiko mengalami depresi pada perempuan. Sedangkan, sebuah studi dua tahun kemudian menemukan, orang yang minum 2-4 cangkir kopi memiliki risiko 50 persen lebih rendah melakukan bunuh diri.

Kopi membuat Anda lebih pintar

Ini bukan imajinasi, namun Anda dapat benar-benar memiliki pemikiran yang tajam setelah minum secangkir kopi di pagi hari. Setelah kafein diserap ke dalam aliran darah, maka akan memicu pelepasan neurotransmitter seperti dopamin, yang pada akhirnya menyebabkan peningkatkan neuron. Kondisi ini meningkatkan mood, energi, reaksi dan fungsi otak secara umum. (DG)

 

Jogja Sebagai Tuan Rumah OpenSUSE Asia Summit 2016

Previous article

BI Yakin Tebusan Tax Amnesty Jadi Penyokong APBN

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary