JogjaKUWisata

Krebet Tawarkan Aneka Kerajinan Batik Kayu

0

Star Jogja.Bantul. Kerajinan batik kayu di Desa Wisata Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul terus bergeliat. Salah satu yang menjadi primadona adalah batik kayu jenis topeng yang paling banyak dipesan sepanjang 2016.

Krebet adalah sebuah daerah bertanah kapur yang tandus. Awalnya masyarakat Krebet mengandalkan pertanian sebagai sumber mata pencaharian. Tetapi karena kegiatan pertanian hanya berlangsung musiman dan mengandalkan pengairan tadah hujan serta keadaan tanahnya yang tandus, maka warga setempat mengembangkan keahlian lain untuk membuat barang-barang kerajinan dari kayu yang dibatik. Hingga saat ini, Krebet menjadi sentra kerajinan batik kayu yang terkenal di Yogyakarta.

Jika batik yang kita kenal digambar di atas kain, maka batik yang dihasilkan oleh warga Dusun Krebet adalah di atas kayu. Warga Krebet memanfaatkan kayu sebagai media untuk membatik hingga mampu menghasilkan karya-karya cantik bernilai tinggi yang banyak diminati oleh wisatawan domestik maupun manca negara. Desa wisata Krebet juga mempunyai produk kerajinan bunga kering yang juga banyak diminati oleh wisatawan.

Salah seorang pemilik sanggar kerajinan batik kayu, Kemisidi mengakui batik kayu jenis topeng menjadi salah satu primadona pada 2016. Pasalnya selama satu tahun terakhir hampir 8.000 topeng laku terjual dari Sanggar Peni miliknya.Pesanan topeng itu datang baik dari dalam negeri ataupun luar negeri. Terbanyak dia mengirim ke luar negeri yakni ke Malaysia dan Amerika, sedangkan untuk dalam negeri permintaan rutin kata dia dari daerah Bali, Jakarta dan Surabaya.

Kemisidi menambahakan, topeng yang dia banderol dengan harga Rp30.000 sampai dengan Rp150.000 itu biasanya digunakan untuk hiasan mempercantik ruangan. Katanya sangat jarang dan bahkan tidak ada yang menggunakan topeng buatannya untuk kegiatan upacara adat ataupun pelengkap dalam tarian.

Jenis topeng yang paling banyak dibuat adalah Topeng Panji Asmoro. Jenis itu kemudian dibedakan berdasarkan ekpresi.
Selain topeng, kerajinan yang juga banyak diminati yakni berbagai kerajinan batik kayu yang memiliki fungsi tertentu, seperti kotak wadah tissue, mangkok, ataupun nampan. Atau kata dia berbagai kerajinan hiasan yang kadang dijadikan untuk cindera mata untuk pesta pernikahan.

KESEHATAN JIWA: Psikolog atau Psikiater, Harus ke Mana?

Previous article

Puluhan ijazah ditahan oleh perusahaan kecantikan di Jogja

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU