JogjaKUUniknya Jogja

Warga Semarakkan Kirab Budaya hingga Kembul Bujono Merti Dusun Kedon

0

Star Jogja.Bantul. Sedikitnya 800 warga Kedon, Sumbermulyo, Bambanglipuro Bantul mengikuti kegiatan kirab budaya dalam rangka Merti Dusun pada Minggu (16/4/2017). Acara ini merupakan acara tahunan yang digelar setiap empat tahun sekali.

Ketua Panitia Merti Dusun, Subardi, mengatakan kegiatan ini digelar sebagai wujud rasa syukur warga atas hasil panen padi dan palawija yang melimpah pada musim tanam kedua kemarin. Merti Dusun ini juga bertujuan untuk melestarikan kebudayaan dan menjaga kerukunan warga.

Menurut Subardi, Merti Dusun tahun ini lebih meriah dibanding tahun sebelumnya. Selain jumlah peserta kirab yang jauh lebih besar yakni sebanyak lima kelompok dari masing-masing RT, kirab budaya juga diikuti oleh bregodo prajurit dan kelompok kesenian reog wayang orang dari pemuda desa setempat.

“Kalau pada kegiatan Merti Dusun sebelumnya hanya digelar dengan kegiatan kenduri bersama dan pementasan wayang kulit,” kata dia.

Subardi menambahkan, ada arakan lima gunungan yang tersusun dari berbagai hasil bumi dan buah-buahan dan dibawa berkeliling kampung. Sedangkan sebelum kirab budaya dimulai, ada upacara pelepasan bregodo di lapangan bola voli kampung setempat.

Seusasi kirab budaya keliling kampung dilangsungkan, seluruh gunungan dan ubo rampenya didoakan dengan dua tata cara agarama yakni Islam dan Katholik. Selanjutnya, lima gunungan diperebutkan oleh ratusan warga yang menyaksikan jalannya kirab budaya.

Rangkaian kegiatan kirab budaya gunungan diakhir dengan acara kembul bujono atau makan bersama seluruh warga. Warga juga dihibur dengan pementasan kesenian Reog Wayang Orang Kusumo Yudho yang dimainkan oleh puluhan penari remaja putera puteri kampung setempat.Rheisnayu Cyntara/JIBI/Harian Jogja |

Masa Kecil Rektor UGM Terbiasa Prihatin

Previous article

Pendaftaran Star Jogja Coloring Competition Diserbu Peserta

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU