candi-sari

Candi Sari Keagungan Legenda di Balik Pahatan Arca

Star Jogja.SLEMAN – Candi Sari terletak sekitar 10 Km dari pusat Yogyakarta, hanya sekitar 3 km dari Candi Kalasan. Tepatnya candi ini berada di Desa Bendan, Kelurahan Tirtamartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Sesuai dengan nama desa tempatnya berada, Candi ini juga disebut Candi Bendan.Candi ini merupakan bangunan agama Buddha, terlihat dari stupa yang terdapat di puncaknya.

Candi Sari ini diperkirakan dibangun pada abad ke-8 masehi pada periode pemerintahan Rakai Panangkaran bersamaan dengan masa pembangunan Candi Kalasan.

Pintu masuk menuju bagian dalam Candi Sari terkesan apa adanya dikarenakan bagian tangga depan mengalami kerusakan. Saat ini bilik penampil tersebut sudah tidak bersisa, sehingga pintu masuk ke ruang dalam candi dapat langsung terlihat.

Candi Sari memiliki 36 pahatan arca yang terbagi menjadi 12 buah arca berada disisi bagian barat, 8 buah arca berada di sisi bagian depan atau timur, serta 8 arca di sisi utara dan selatan. Selain pahatan arca yang menghiasi dinding candi ini, masih terdapat corak pahatan manusia burung (Kinara Kinari), Sulura, Kumuda (bunga dan daun yang menjulur dari jambangan bulat), dan Kalamakara Candi. (Den)

Silahkan bergabung untuk diskusi