Flash InfoMusic

Yuk isi liburan dengan berkunjung ke Museum

0
gamelan Kraton
gamelan hb 7 (ist)

StarJogja.com, JOGJA  – Upaya mengenalkan budaya kepada generasi selanjutnya terus dilakukan, salah satu cara yang saat ini sedang dilakukan adalah pameran alat musik tradisional nusantara digelar di Museum Sonobudiyo pada 26 April sampai 5 Mei mendatang.

Panitia pameran menghadirkan 200an lebih alat musik tradisional dari 31 provinsi se-Indonesia ke Museum Sonobudoyo. Pameran yang ritin digelar setiap tahun secara bergantian di museum negeri ini tidak hanya menyajikan alat musik.

Kepala Museum Sonobudoyo, Riharyani mengatakan kepada Antara.com, pengunjung bisa mendengarkan langsung setiap alat musik tersebut melalui ponsel. Panitia menyediakan sebanyak 11 gadget dan 90 headset.

Ia mencatat ada lebih dari 300 kelompok etnis di Indonesia memiliki alat musik tradisonal beragam. “Pameran ini kita ingin mendekatkan museum dan koleksi musum ke masyarakat,” kata Harry

Pameran alat musik tradisional nusantara ini ditampilkan dengan beberapa tema, dimulai dari pintu masuk pameran dari timur Musem Sonobudoyo, pengunjung akan disajikan dengan alat musik tradisional yang disandingkan dengan foto relief ncandi yang menggambarkan kesinambungan alat musik yang dipamerkan dengan kondisi jaman dahulu saat alat musik tersebut dimainkan.

Pameran ini diharapkan menarik para wisatawan yang sedang berlibur di Jogaja. Eric, salah satunya wisatawan asal Belanda ini mengaku kagum dan baru pertama kalinya melihat pameran alat musik tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, hal itu karena tidak ia jumpai di negaranya. (AM)

Jelang Ramadhan harga kebutuhan pokok mulai naik

Previous article

Sukseskan program KB, Kulon Progo akan tambah jumlah kampung KB

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info