Tunggulwulung,jpg

Kanjeng Kyai Tunggul Wulung Pusaka Kraton Hadiah Dari Turki

Star Jogja. Jogja – Kraton Jogja menyimpan sebuah sebuah pusaka yang terbuat dari kain kiswah, kain bekas pembungkus kabah. Sejarah mencatat Kain itu hadiah kekhalifahan Turki kepada Raden Patah, Sultan Demak, tanda hubungan baik antara Kerajaan Turki dengan Kerajaan Demak ketika itu.

Paska runtuhnya Kerajaan Demak, kain kiswah yang berujud bendera berwarna ungu kehitaman itu kemudian diwariskan turun menurun.Hingga saat ini pusaka ini masih tersimpan di Kraton Jogja.Kain Kiswah tersebut kemudian diberi nama Kanjeng Kyai Tunggul Wulung. Pusaka Kraton ini dipercaya memiliki sebuah kemampuan tolak bala.

Tunggulwulung,jpg

Sumber Gambar : kerajaan Nusantara

Bersama Kanjeng Kyai Pare Anom, sebuah bendera pusaka berwarna hijau dan bertuliskan kalimat Tauhid yang juga merupakan pemberian dari Kekhalifahan Turki, Kanjeng Kyai Tunggul Wulung jika diarak mengelilingi kota Yogyakarta, wabah penyakit ataupun bencana akan hilang dan warga bisa selamat.

Untuk abdi dalem yang mengarak Kanjeng Kyai Tunggul Wulung dan Pare Anom pun dipilih khusus. Syaratnya minimal harus berpangkat Bupati dan sudah sepuh.

Silahkan bergabung untuk diskusi