Kota JogjaNews

Disdik Kota Yogyakarta Canangkan Gerakan Indonesia Membaca

0
buku gratis
ilustrasi buku

Star Jogja – JOGJA. Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta mencanangkan Gerakan Indonesia Membaca sebagai salah satu upaya mewujudkan Yogyakarta sebagai kota literasi.

“Pengembangan literasi tidak hanya dilakukan di sekolah formal dan nonformal saja, tetapi juga dilakukan masyarakat. Tujuannya, agar program literasi itu berkelanjutan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Edy Heri Suasana di saat pencanangan Gerakan Indonesia Membaca di Yogyakarta, Sabtu.

Di sekolah, kegiatan literasi dilakukan melalui berbagai kegiatan di antaranya membaca buku selama 15 menit sebelum pelajaran dimulai, menyediakan pojok buku di kelas, hingga pelatihan menulis untuk siswa.

Sedangkan di tengah masyarakat, upaya untuk meningkatkan budaya baca dilakukan dengan membentuk Kampung Literasi di Kampung Tegalpanggung, serta membentuk Kampung Sains di Kampung Karangkajen bekerja sama dengan Universitas Ahmad Dahlan.

Selain itu, lanjut dia, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta juga menyusun rencana aksi untuk mewujudkan Yogyakarta sebagai kota literasi yang berdaya saing dengan penguasaan pada enam dasar literasi yaitu literasi baca tulis, berhitung, sains, teknologi informasi dan komunikasi, keuangan, serta literasi budaya dan kewarganegaraan.(ANT)

3 Gunungan Dikirab dalam Nyadran Agung Desa Kaliagung

Previous article

Tiongkok Cegah Warganya Main Smartphone

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja