Flash InfoLifestyle

Catat ! Penyuka Buku Cenderung Lebih Ramah

0
Ilustrasi Perpustakaan

STARJOGJA – LIFESTYLE . Menurut hasil penelitian, orang yang gemar membaca buku cenderung lebih ramah. Rutin membaca membuat seseorang lebih ramah dan berempati.

Studi terbaru itu melibatkan 123 partisipan yang ditanya mengenai preferensi soal buku, TV dan pertunjukan. Selanjutnya, kemampuan interpersonal mereka diuji, seberapa besar mereka memikirkan perasaan orang lain dan apakah mereka gemar menolong orang lain.

Penelitian yang dilakukan di Kingston University, London, menemukan pembaca buku cenderung punya perilaku baik ketimbang mereka yang lebih suka menonton televisi. Pencinta TV cenderung lebih tidak bersahabat dan tidak pengertian terhadap pandangan orang lain.

Namun, tidak sembarang buku yang membuat Anda jadi lebih baik karena tipe literatur juga punya dampak besar terhadap kecerdasan emosi.

Sebagaimana dilansir Antara, Senin (8/5/2017), dari Independent, studi mengungkapkan penggemar fiksi menunjukkan perilaku sosial yang lebih positif, sementara pembaca novel drama dan percintaan cenderung lebih punya empati.

Serupa, pencinta dari buku eksperimental menunjukkan kemampuan melihat sesuatu dari perspektif berbeda, namun pembaca buku komedi dinilai paling bisa menempatkan diri di posisi orang lain.

Para peneliti menegaskan studi ini tidak membuktikan ada efek sebab akibat bahwa membaca buku pasti membuat orang lebih baik, hanya saja semakin bijaksana seseorang, semakin besar kemungkinan ia suka membaca.(ANT)

Prambanan Jazz Music Festival 2017 Mengusung Konsep 90’s Moment

Previous article

Endog Abang : Simbol kelahiran kembali untuk masa depan yang lebih baik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info