Flash Info

Berikut tokoh-tokoh berpengaruh di dunia teknologi

0
dam[ak media sosial
Gambar koleksi neton.id

StarJogja.com, JOGJA – Perkembangan teknologi hari ini tak mengenal jeda. Para raksasa seperti Google, Amazon, dan Facebook, terus-menerus menjejali masyarakat modern dengan inovasi teranyar yang memudahkan kehidupan di era serba canggih.

Di balik setiap inovasi teknologi, ada otak brilian yang menciptakannya. Mereka adalah jejeran eksekutif perusahaan, periset, programmer, regulator, dan pihak-pihak lainnya yang berkolaborasi untuk mengubah dunia.

Ada nama-nama yang dianggap paling berpengaruh untuk perkembangan teknologi saat ini. Berikut profil singkat mereka, yang kami kutip dari laman KompasTekno.

1. Elon Musk

Kerap dijuluki sebagai Iron Man di kehidupan nyata, Elon Musk punya obsesi besar di sektor transportasi berbasis teknologi. Pada 2002, Musk menghabiskan sebagian kekayaannya untuk mendirikan Space Exploration Technologies yang belakangan kerap disebut “Space X”.

2. Jeff Bezos

Amazon bisa dibilang sebagai cikal bakal perdagangan elektronik atau lebih sering disebut “e-commerce”. Jika hari ini kita mengenal Alibaba, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, OLX, dkk, bisa dibilang Amazon adalah nenek buyut mereka.

Mulanya Amazon cuma menjual buku secara online. Lama-kelamaan, Bezos mengekspansi bisnisnya ke ranah perdagangan yang lebih luas.

Amazon juga memimpin tren Artificial Intelligence (AI) melalui software yang dinamai Alexa. Di bidang enterprise, Amazon menyediakan layanan penyimpanan berbasis cloud yang dinamai AWS.

3. Mark Zuckerberg

Tak lulus kuliah di Harvard University, Mark Zuckerberg memilih fokus mengembangkan jejaring sosial Facebook. Tujuan utama Facebook sederhana, yakni menghubungkan semua manusia di dunia yang terpaut jarak dan waktu.

Saat ini, tak kurang dari 2 miliar penduduk dunia terhubung di Facebook tiap bulannya. Kepiawaian Facebook dalam berinovasi membuat penggunanya setia dan enggan beranjak.

4. Tim Cook

Sebagai CEO Apple yang notabene adalah perusahaan paling bernilai saat ini. Cook mengemban beban berat sebagai penerus pendiri Apple, Steve Jobs. Pasalnya, inovasi-inovasi Apple sejak Macintosh hingga iPhone  merupakan ide Steve Jobs.

Meski demikian, Tim Cook nyatanya mampu unjuk gigi. Dari masa ke masa, Tim Cook berhasil mempertahankan kesan premium dari produk Apple tanpa takut berinovasi dan bahkan “melanggar” titah Steve Jobs.

5. Sundar Pichai

Pendiri Google, Sergey Brin dan Larry Page, tentu tak sembarang memilih pemimpin untuk layanan inti mereka. Dua punggawa itu kini lebih fokus menggarap perusahaan induk Google yang dinamai “Alphabet”.

Amanah mengurus Google diberikan ke Sundar Pichai, pria berdarah India yang mula-mula memimpin divisi bisnis Android. Sundar Pichai terpilih sebagai CEO Google tak lepas dari keberhasilannya memimpin Android yang saat ini menjadi sistem operasi terbesar di dunia. (AM)

Puluhan komputer raib digondol maling

Previous article

Chelsea juara liga Inggris

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info