Puskesmas Panjatan II diusulkan terima penghargaan

Starjogja.com, Jogja – Puskesmas Panjatan II Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, diusulkan sebagai penerima penghargaan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Berprestasi 2017 kategori Puskesmas Kawasan Perdesaan.

Kepala Puskesmas Panjatan II Renny Lo di Kulon Progo, Kamis, mengatakan, inovasi kegiatan yang dilakukan Puskesmas Panjatan adalah yang terintegrasi beberapa program, dengan lintas program dan lintas sektoral.

Seperti UKM Pengembangan seperti JALIN ASMARA atau kerja lintas sektor akses sanitasi masyarakat, buku sehatku, serta inovasi UKP “Akupresure”.

Staf Ahli Bupati Kulon Progo Bidang Hukum Pemerintahan dan Politik Jumanto mengatakan, adanya seleksi fasilitas kesehatan tingkat pertama ini akan memotivasi fasilitas kesehatan lain khususnya Puskesmas untuk terus meningkatkan pelayanannya.

Sebagai tempat tujuan pertama bagi masyarakat dalam pelayanan kesehatan, sehingga Puskesmas mendapat kepercayaan penuh dari masyarakat sebagai garda pertama dalam hal kesehatan masyarakat.

Puskesmas Panjatan II yang tadinya lebih berorientasi kepada upaya kuratif dan rehabilitatif, juga sudah bergeser kepada upaya preventif dan promotif tanpa mengabaikan upaya kuratif dan rehabilitatif.

Tim Penilai Seleksi Puskesmas Berprestasi Tingkat Propinsi DIY 2017 Inni Himmatin mengatakan, sebagai agen perubahan diharapkan melalui anak-anak akan terbangun generasi yang luar biasa. Dikutip dari Antara, dengan penilaian ini ingin melihat pelaksaan kesehatan terkait implementasinya sampai ke wilayah kecamatan. (AM)

Silahkan bergabung untuk diskusi