Kab GunungkidulNews

Kulon Progo berikan beasiswa sekolah kedirgantaraan

0

Starjogja.com, Jogja – Pemkab Kulonprogo memberikan beasiswa kepada 20 orang untuk melanjutkan studi di Sekolah Tinggi Teknik Kedirgantaraan (STTKD) Jogja. Mereka dipersiapkan menjadi tenaga kerja yang berkompeten untuk ditempatkan di bandara.

Kepala Bidang Pengembangan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kulonprogo, Susilo mengatakan, kerja sama dengan STTKD Jogja dijalin sejak 2016 lalu. Kampus tersebut sepakat memfasilitasi generasi muda Kulonprogo agar memenuhi kualifikasi untuk bekerja di bandara berstandar internasional.

Susilo menguraikan, beasiswa yang diterima setiap orang mencapai total Rp34 juta. Dana tersebut bakal menutupi seluruh biaya pendidikan sampai lulus, mulai dari pembayaran uang semester, asrama, praktik kerja, hingga wisuda. Namun beasiswa tersebut khusus diberikan untuk program studi Ground Handling selama satu tahun.

Ground Handling merupakan program studi jenjang D1 mengenai ilmu dan keterampilan dalam mempersiapkan keberangkatan dan kedatangan pesawat terbang. Lulusannya juga akan memiliki kecakapan pada pelayanan keberangkatan dan kedatangan penumpang, bagasi, serta kargo.

Susilo membenarkan jika program beasiswa STTKD merupakan bagian dari upaya menyambut New Yogyakarta International Airport (NYIA). Namun, mereka belum tentu berkarir di Kulonprogo setelah lulus nanti.

Dikutip dari Harianjogja.com, Susilo lalu mengungkapkan, sebanyak 182 lulusan SMA/SMK di Kulonprogo tercatat mendaftarkan diri pada program beasiswa STTKD. Meski begitu, hanya 110 orang yang mengikuti seleksi tahap awal.(AM)

 

Puluhan lagu anak telah tercipta oleh Siti Sudjarahwati

Previous article

9 tahun Harian Jogja Berbudaya Membangun Kemandirian

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *