Flash InfoLifestyle

Catat ! Ini Cara Simpan Obat yang Benar

0
Menyimpan Obat di dalam Mobil
FOTO : Bisnis.com

STARJOGJA ,HEALTH– Kotak obat merupakan hal penting yang harus dimiliki sebuah keluarga. Bukan berharap untuk sakit, namun kotak obat akan dibutuhkan untuk menyimpan segala jenis obat.

Seperti sebuah makanan, obat harus disimpan dengan tepat agar tak cepat busuk. Cara menyimpan obat sering dianggap enteng oleh kebanyakan orang.

Kebersihan tempat penyimpanan dan suhu ruangan menjadi parameter penting untuk menyimpan obat. Perlu diketahui juga, tak semua obat boleh disimpan di lemari pendingin.

Dikutip Solopos.com dari laman Konimex.com dan medline.gov, Senin (22/5/2017), inilah 10 langkah tepat untuk menyimpan obat.

Sediakan wadah obat khusus sesuai jenis obat agar lebih mudah dicari. Biarkan obat berada dikemasan asli dan pastikan wadah tertutup rapat.

Baca imbauan penyimpanan di kemasan obat dan hindarkan dari sinar matahari langsung. Usahakan ruangan tempat menyimpan memiliki suhu ruangan normal, tidak panas tidak lembab.

Tidak semua obat cair boleh dimasukkan ke lemari pendingin, baca petunjuk penyimpanan di kemasan obat. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Secara berkala periksa masa berlaku obat, buang obat yang sudah kedaluwarsa. Secara berkala bersihkan wadah penyimpanan obat.

Banyak digambarkan di film-film obat disimpan di lemari kamar mandi. Hindari hal ini karena kelembapan ruangan akan menghilangkan efek obat.

Lepas kapas pelindung obat yang sering ada di kemasan. Kapas itu akan membuat suhu di dalam botol menjadi lembab. Tanya petugas farmasi mengenai cara khusus menyimpan obat tertentu.

Cara sederhana di atas bisa dipraktikkan apabila Anda memiliki obat untuk disimpan. Sekali lagi ditegaskan, menyimpan obat bisa memudahkan Anda atau keluarga Anda mendapat penanganan saat sakit.(sumber :solopos.com)

Kawasan Tanpa Rokok Berlaku Penuh 2018, Kurungan Sebulan Menanti Bagi yang Melanggar

Previous article

Komputer Keluaran Pertama Apple Terjual Rp1,7 Miliar

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info