Kab BantulNews

Mayoritas sekolahan di Bantul sudah penuhi standart mitigasi bencana

0

Starjogja.com, Jogja – Sekolah di Bantul menjadi salah satu daerah yang dianggap paling memenuhi stadart mitigasi bencana. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul, menyatakan mayoritas sekolah baik sekolah dasar maupun menengah pertama di daerah itu sudah memenuhi standar mitigasi bencana.
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bantul Totok Sudarto mengatakan, bangunan sekolah yang sudah memenuhi standar mitigasi bencana itu dinilai sudah aman dan mampu mengurangi dampak korban ketika bencana gempa bumi, namun yang belum memenuhi standar bukan berarti rawan roboh.

Ia menjelaskan, salah satu bangunan yang sudah memenuhi standar mitigasi bencana di antaranya pintu kelas dan setiap ruangan di sekolah membukanya dengan mendorong ke luar, sedangkan yang belum rata-rata membuka masih ke dalam.

Totok mengatakan, sekolah yang belum penuhi standar mitigasi bencana itu mayoritas adalah bangunan lama yang belum sepehunya mengalami revitalisasi, sedangkan kalau bangunan baru di atas 2016 sudah sesuai standar mitigasi bencana.

Dilansir dari Antara, Totok menjelaskan, upaya yang dilakukan agar semua sekolah memenuhi standar mitigasi bencana dengan merehabilitasi bangunan, hanya saja diakui saat ini belum dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). (AM)

Inflasi Mei naik 0,40 – 0,50 persen

Previous article

Hari pertama kerja, Haryadi dan Heroe tanam sawo kecik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul