Kota JogjaNews

Dipercaya Bawa Berkah, Warga Rebutan Gunungan

0

STARJOGJA, JOGJA — Sebanyak lima gunungan grebeg 1 Syawal yang sampai di Masjid Gedhe Kauman. Sebelumnya, gunungan tersebut digotong dari bangsal Ponconiti, langsung diserbu ratusan masyarakat, Senin (26/6/2017). Sebagian masyarakat masih percaya, jika bisa mendapatkan bagian gunungan akan mendapatkan berkah.

Salah satu masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam Grebeg 1 Syawal adalah Yulius Sunoharjo. Yulius, begitu ia biasa dipanggil, langsung tancap gas memanjat gunungan begitu masyarakat diperbolehkan untuk memperebutkan isi gunungan.

Dengan wajah berseri-seri ia mengatakan telah berhasil mengambil kue yang berada dipuncak gunungan, Yulius mengklaim kue yang ia dapat merupakan bagian yang mengandung berkah paling besar dibanding yang lainnya.

“Allah Akbar, ini dapat berkah dari Sultan Hamengku Buwono X dan Allah SWT. Saya dapat ujung gunungan, berkahnya paling besar,” jelasnya sambil memamerkan kue yang ia dapat.

Ia menyampaikan kue tersebut akan disimpan di rumahnya, untuk jaga-jaga, karena ada kemungkinan kue  yang terbuat dari tepung itu akan digoreng untuk kemudian dimakan.

Saat ditanya mengenai motivasinya ikut serta dalam grebeg, Yulius mengatakan karena ingin ikut serta menjaga tradisi yang berasal dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. I Ketut Sawitra Mustika/JIBI/Harian Jogja |

Catat! Jalan Menuju Objek Wisata Bakal Satu Arah

Previous article

Teh Tawar dan Teh Pahit Bisa Lawan Kolesterol ‘Jahat’

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja