FeatureFlash InfoTechno

Yuk lihat makna dibalik poto profile di medsos

0

Starjogja.com, Jogja – Penelitian terbaru menunjukkan bahwa media sosial dapat mengungkapkan banyak hal mengenai penggunanya. Aspek terpenting dalam mengungkap pribadi pengguna media sosial ternyata terletak pada foto profil yang digunakan.

Hal ini diketahui setelah tim peneliti menganalisa lebih dari 66 ribu kepribadian pengguna Twitter beserta foto profil yang mereka gunakan. Berikut ini ialah lima hal yang bisa ditunjukkan foto profil mengenai kepribadian pengguna media sosial seperti dikutip dari Republika.co.id yang dilansir Indy 100.

Terbuka
Pengguna media sosial yang memiliki pikiran terbuka dan rasa ingin tahu cenderung tidak menggunakan foto wajah mereka sebagai foto profil. Hal ini dinilai menujukkan suatu pemberontakan terhadap ekspektasi. Di samping itu, pengguna media sosial dengan kepribadian ini kerap mengunggah foto dengan kualitas yang baik.

Sebagian pengguna media sosial yang memiliki kepribadian terbuka dan rasa ingin tahu juga menggunakan foto wajah mereka sebagai foto profil. Dalam foto tersebut, pengguna sosial media dengan kepribadian ini cenderung menggunakan kacamata baca, bukan kacamata hitam. Ekspresi yang ditunjukkan pun cenderung menonjolkan emosi negatif dibandingkan positif.

Hati-Hati
Orang yang berhati-hati atau teliti cenderung menggunakan foto profil yang menampakkan wajah mereka. Hal ini mengindikasikan bahwa orang dengan kepribadian ini cenderung memilih perilaku yang diterima masyarakat.

Seringkali poto yang mereka gunakan memiliki kesan penuh warna, natural dan cerah. Pengguna media sosial dengan kepribadian ini juga cenderung memilih foto wajah mereka yang terlihat lebih tua sebagai foto profil.

Dalam foto profil, pengguna media sosial dengan kepribadian ini cenderung menunjukkan expresi terbaik. Peneliti menilai kecenderungan ini mungkin disebabkan karena mereka merasa dituntut untuk tersenyum dan selalu tampil bahagia dalam foto.

Ekstrovert
Pengguna sosial media dengan kepribadian ekstrovert kerap menggunakan foto yang penuh warna sebagai foto profil. Dalam foto ini, biasanya pengguna sosial media tersebut terlihat beramai-ramai dan tidak sendirian. Seringkali mereka terlihat lebih muda dalam foto atau mereka berfoto bersama orang-orang yang lebih muda. Pengguna sosial media dengan kepribadian ekstrovert jarang terlihat menggunakan kacamata baca.

Mudah Bekerja Sama
Orang-orang yang mudah bergaul dan bekerjasama cenderung menggunakan foto profil yang menampakkan wajah. Foto yang digunakan kerap terlihat cerah dan penuh warna akan tetapi cenderung kabur atau blur. Foto yang mereka gunakan juga lebih memancarkan emosi positif dibandingkan emosi negatif.

Neurotisisme
Kepribadian ini cenderung berkaitan dengan emosi negatif dan ketidakstabilan emosi. Orang-orang dengan kepribadian ini jarang menggunakan foto yang penuh warna. Mereka lebih mungkin menunjukkan ekspresi negatif dibandingkan kelompok lainnya. Foto profil yang mereka gunakan jarang menunjukkan wajah mereka dan seringkali hanya menunjukkan ekspresi netral. (AM)

Jerman catatkan rekor energi hijau

Previous article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature