JogjaKUWisata

Dusun Kalakijo Jadi Kampung Ingkung

0

STARJOGJA, BANTUL– Dusun Kalakijo, Guwosari, Pajangan, Bantul dicanangkan sebagai kampung kuliner ingkung. Pencanangan kampung ingkung dilakukan bersamaan gelaran Festival Gejog Lesung DIY.

Pencangan kampung ingkung Kalakijo dilaksanakan Minggu (30/7/2017) lalu di dusun setempat. Dalam festival Gejog Lesung Keistimewaan II 2017 tersebut digelar sejumlah seremoni terkait pencangan kampung ingkung. Panitia festival menggelar Kirab Ingkung dengan dikawal Bregodo Ponco Driyo.

Anggota DPRD DIY KPH Purbodiningrat mengatakan kuliner ingkung tak sekadar masakan yang kini tengah jadi tren wisata kuliner namun ada filosofi di baliknya.

“Ingkung tidak hanya masakan biasa tapi juga mempunyai filosofi membersihkan [selamatan] yang punya hajat. Semoga di tahun berikutnya kegiatan ini dapat terus berlangsung dan Gejog Lesung selanjutnya akan diadakan di daerah lain,” kata Purbodiningrat, Minggu.

Sementara itu Gejog Lesung merupakan warisan budaya yang harus dijaga eksistensinya. Budaya tradisional itu kini semakin terpinggirkan oleh kemajuan zaman. Gejog Lesung tergantikan oleh alat alat modern dalam proses menumbuk padi.Bhekti Suryani/JIBI/Harian Jogja |

Cek ! Ada 11 Kawasan Pemadaman Listrik di DIY

Previous article

TPID DIY Gelar Rakorda

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU