FOTO-IDULADHA-2014-_-Harga-Sapi-Mulai-Naik-Rp500.000_Ekor-370x224

Harga hewan kurban diprediksi naik hingga 15 %

Starjogja.com, Kulon Progo – Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo memprediksi kenaikan harga hewan kurban pada hari raya Iduladha 2017 di Kulonprogo, mencapai 10% hingga 15%. Kenaikan harga tersebut terutama akan terjadi pada sapi.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo Nur Syamsu Hidayat pada Rabu (9/8/2017) mengungkapkan, tingkat kenaikan tersebut dinilai wajar. Kendati demikian, kenaikan harga akan semakin mengalami peningkatan, ketika semakin mendekati hari raya.

Dikutip dari laman HarianJogja.com, Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo, Drajat Purbadi mengungkapkan, menjelang hari raya, dinas juga semakin mengintensifkan pengawasan hewan ternak. Upaya pengawasan tersebut dilakukan oleh tim pemantau. Tim tersebut melakukan pemantauan di tempat penampungan dan pelaksanaan pemotongan hewan kurban.

Menurutnya, sekitar satu minggu sebelum Iduladha akan melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan ternak di tempat penampungan ternak. Hanya ternak dalam kondisi sehat yang boleh untuk hewan kurban. Selain itu, tim ini akan memantau teknik pemotongan hewan dan melakukan memeriksa daging kurban.

Salah satu pedagang sapi Sentolo Sugeng mengakui dirinya belum memiliki stok banyak sapi untuk kurban. Saat ini, peternak belum banyak yang menjual sapinya. Menurutnya, peternak biasanya menjual sapi mereka mulai 10 hari menjelang hari raya kurban. (Am)

Silahkan bergabung untuk diskusi