Kab SlemanNews

Upacara Wiwit awali panen raya di Kalasan

0
Wiwitan ageng
ilustrasi Wiwitan ageng (ist)

Starjogja.com, Sleman – Tradisi wiwit di kalangan petani saampai saat ini masih berlangsung dan menjadi tradisi bagi para petani. Tidak kecuali di Kelompok Tani, Tani Rukun Karang Kalasan yang melestarikan budaya wiwit, budaya wiwit tersebut dilakukan menjelang dimulainya panen padi baik panen raya yang dilakukan secara kelompok maupun perorangan.

Seperti yang dilakukan Kelompok tani Tani Rukun melakukan budaya wiwit di Bulak Karang Kalasan Kamis, (10/8) yang juga dihadiri wakil Bupati Sleman Dra. Sri  Muslimatun, M.Kes, Dandim 0732 Sleman Letkol Inf. Joko SUjarwo, Camat kalasan Dra. Tina Hastani, dll.Jenis padi yang akan dipanen raya tiga hari kemudia jenis padi Inpari yang dikembangkan kelompok tani Tani Rukun. Dalam upacara wiwit dimulainya panen padi tersebut dilakukan oleh Wakil Bupati Sleman, Dandim 0732 Sleman, Camat kalasan, Kepala BKPP DIY Ir. Baharudin, dll.

Sementara itu wakil bupati sleman dalam sambutannya antara lain menyampaikan bahwa meskipun di tanaman padi kelompok tani Tani Rukun sempat terserang hama wereng namun berkat kejelian dan ketekunan kelompok ternyata mampu menghasilkan padi yang cukup baik. Hal tersebut perlu dicontoh oleh kelompok tani yang lain yang ada di sleman.

Harga hewan kurban diprediksi naik hingga 15 %

Previous article

Prawiro Coffee Festival 2017

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman