Kab BantulNews

Alami gangguan jiwa, warga Sedayu dikurung di kandang

0

Starjogja.com, Bantul –  Praktik pengurungan warga yang mengalami gangguan mental ditemukan di Dusun Dumpuh, Argodadi, Sedayu, Bantul.

Korban yang diketahui bernama Thamrin, 40 itu mengalami tindakan tidak manusiawi dengan dikurung di sebuah kandang di dekat rumahnya. Kondisi itu sudah ia alami sejak kecil hingga saat ini.

“Biasanya dilepas di rumah. Tapi kalau ibunya pergi, takutnya mencari dan keluyuran jadi dikurung di sini,” ungkap Sri Lestari kakak kandung Thamrin, Jumat (11/8/2017).

Keluarga kata dia enggan menempatkan Thamrin di kamar, sebab ia kerap buang air besar dan kecil sembarangan. “Kalau buang air kotor bau bagaimana, makanya ditempatkan di sini,” tutur dia.

Melansir tulisan di laman Harianjogja.com, Sebenarnya sejumlah lembaga pemerintah seperti kepolisian Bantul serta Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Anak telah berupaya mengevakuasi korban ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Grhasia, Pakem Sleman agar ia diperlakukan lebih manusiwi. Namun upaya itu ditolak oleh keluarga korban.

“Pokoknya Thamrin di sini saja. Ibunya juga sakit. Kami pusing kalau harus mikir dia di sana [RSJ] juga mikir di sini,” ujar perempuan tersebut sambil berlalu meninggalkan petugas kepolisian yang datang melihat kondisi Thamrin. (Jibi|Am)

Pembangunan Bandara baru memasuki tahapan land clearing

Previous article

Tim UGM Kembangkan Aplikasi Pendeteksi Vaksin Palsu

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul