Kepala BNNP DIY sebut kurangnya komunikasi jadi faktor anak menggunakan narkoba

Starjogja.com, Sleman – Faktor lingkungan keluarga dinilai berdampak memicu tindakan penyalahgunaan narkoba oleh remaja. Orang tua berperan penting sebagai pendidik untuk mengajarkan anak menolak narkoba sejak usia dini.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY, Triwarno Atmojo dalam acara Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) melalui tatap muka dalam rangka Diseminasi Informasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).  Seperti ditulis laman HarianJogja.com, acara ini digelar di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Sleman itu diikuti oleh sejumlah penyuluh KB dari 17 kecamatan di Sleman.

Kerap kali pengguna narkoba tertekan faktor kurangnya komunikasi antar keluarga, tidak harmonis, dan orang tua yang terlalu sibuk. Karena itu, dari yang awalnya coba-coba kemudian lingkungan cenderung membiarkan hal itu berlanjut.

Ia menyebutkan ada sejumlah peran yang harus dipenuhi orang tua dalam upaya P4GN. Pertama, melaksanakan tugas pokok orang tua dengan mengasuh dan menjaga. Kedua, menjadi pendengar yang baik untuk anak. Ketiga menjadi contoh yang baik dengan tidak menkonsumsi alkohol maupun narkoba. Keempat, membekali anak dengan informasi penting dampak narkoba. Terakhir yakni menerapkan aturan sekaligus memahami kegiatan anak dan mengajarkan anak untuk menolak pemberian narkoba sebelum anak berusia sembilan tahun. (Am)

Silahkan bergabung untuk diskusi