News

91,2 Persen Masyarakat Indonesia Salah dalam Menyikat Gigi

0

Starjogja.com, Jogja – Sebagian besar masyarakat Indonesia melakukan kebiasaan yang salah saat menyikat gigi. Padahal, menyikat gigi merupakan langkah awal dalam menjaga kesehatan mulut. Setidaknya sekitar 91,2 persen masyarakat Indonesia menyikat gigi di waktu yang tidak tepat.

“Sebanyak 93,8 persen masyarakat Indonesia mengaku menyikat gigi dua kali sehari, tapi hanya dua persen saja menyikat gigi di waktu yang tepat,” ujar Drg. Ratu Mirah Afifah GCCLinDent MDSc, Division Head for Health & Wellbeing and Professional Institution Unilever Indonesia Foundation, Rabu (16/8).

Dilansir dari laman Republika.co.id, selama ini, menyikat gigi dilakukan di pagi hari sebelum sarapan dan sore hari setelah waktu mandi. Sementara waktu yang benar adalah setelah sarapan dan sebelum tidur malam. Kebiasaan salah ini dapat memicu terjadinya gangguan kesehatan mulut.

Ketika tidur, kelenjar ludah sangat sedikit menghasilkan air ludah membuat kondisi di dalam rongga mulut kering. Dalam kondisi kering bakteri akan mudah berkembang. Akibatnya sisa makanan yang tidak dibersihkan akan berubah menjadi bakteri sehingga mengakibatkan gigi berlubang.

Untuk menghindari peningkatan risiko gigi berlubang, menyikat gigi sebelum tidur harus dilakukan. Tidak hanya orang dewasa, kebiasaan ini juga harus dilakukan sejak masih kanak-kanak. (Am)

Parabena, zat kimia dalam sabun yang bisa pengaruhi kualitas sperma pria

Previous article

Tidak Ada Garam Mengandung Kaca di Sleman

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News