Flash InfoSport

Giliran Filipina akan menjadi tuan rumah SEA Games 2019

0

Starjogja.com, Jogja –  Sempat dikabarkan mundur, Filipina dikukuhkan sebagai tuan rumah SEA Games ke-30 pada 2019. Mereka menjamin para peserta akan aman.

Filipina menggantikan Brunei Darussalam sebagai tuan rumah SEA Games 2019. Dalam prosesnya, Filipina sempat mewacanakan untuk mundur karena ada persoalan keamanan dengan adanya konflik di Marawi. Selain itu, Filipina terhambat faktor anggaran karena akan difokuskan untuk membangun Marawi. 

Namun, dalam pertemuan Federasi SEA Games (SEAGFC) di Kuala Lumpur, Jumat (18/8/2017), yang diikutoi 34 anggotanya, Filipina memastikan sanggup menjadi tuan rumah SEA Games 2019.

“Pada dasarnya, Filipina tidak pernah menarik diri. Komite Olimpiade Malaysia (OCM) selalu menganggap Filipina akan mengambil alih estafet tuan rumah dari Malaysia. Kami hanya menanti konfirmasi final,” ujar Pimpinan SEAGF, Tunku Tan Sri Imran Tuanku Jaafar, dalam situs resmi SEA Games 2017, Sabtu (19/8/2017).

“Kami senang POC telah bertemu para pejabat di pemerintahan Filipina untuk mendiskusikan dan mengonfirmasi kalau mereka akan menjadi tuan rumah SEA Games 2019,” tutur Tan Sri Tunku Imran.

Tan Sri Tunku Imran sekaligus optimistis dengan jaminan keamanan di Filipina, khususnya Marawi. Dia bilang POC akan melindungi keselamatan dan keamanan kontingen negara lain dengan dukungan penuh dari Presiden Duterte. 

“Lokasi Marawi sangat jauh dari venue-venue yang diusulkan untuk SEA Games nanti,” ujar dia.

Sementara itu, Presiden POC, Jose Cojuangco, membenarkan pernyataan Tunku Sri Imran Tuanku Jaafar. Dia malah sudah menyiapkan lokasi mana saja yang akan digunakan untuk SEA Games ke-30 nanti. 

“Kami menyarankan SEA Games dilaksanakan pada tiga provinsi untuk menghindari kepadatan lalu-lintas di Manila, yakni di Bulacan, Pampanga, dan Zambales. Itu juga demi kenyamanan pengunjung dan tamu selama SEA Games,” ucap Cojuangco.

“Selain itu ada pula stadion baru, Philippine Arema, yang mungkin bisa digunakan,” Cojungcao menambahkan.

Filipina memang sudah cukup lama tak menjadi tuan rumah SEA Games. Kali terakhir mereka menjadi host adalah pada 2005 dengan keluar sebagai juar aumum dengan koleksi 113 medali emas. (Sumber: Detik)

200 orang diperkirakan menjadi korban longsor di Kongo

Previous article

Meski didukung keluarga, Melly belum tertarik terjun ke dunia politik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info