Guyangan : Tradisi Memandikan Ternak di Dlingo Bantul

STARJOGJA, BANTUL – Ada yang unik saat jelang Idul Adha di Dlingo Bantul,Dua minggu menjelang hari raya Idul Adha, masyarakat di Dusun Pokoh 2, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo. Kabupaten Bantul, Yogyakarta, menggelar tradisi guyangan atau memandikan ternak di sebuah mata air kali gayam.

Tradisi ini sudah turun temurun digelar oleh masyarakat setempat. Dimulai dengan warga mengarak hewan ternak, diiringi berbagai alat musik tradisional, berkeliling kampung.Warga pun membawa gugungan berisi sayur dan buah-buahan. Di depannya sebagian warga menggotong tampah besar berisi sega gudangan (nasi dan sayur), dan peralatan memandikan ternak.

Setelah didoakan sesepuh dusun setempat, ternak yang terdiri dari kambing dan sapi dimandikan dengan dilumuri air campuran jahe dan berbagai ramuan lainnya. Kemudian ternak diberi makan nasi gudangan dan buah pisang yang sudah didoakan.

Tradisi guyangan dilakukan agar hewan ternak nantinya tetap sehat sampai saat hari raya. Tak hanya hewan ternak yang akan disembelih tetapi juga hewan ternak yang dimiliki warga agar tetap sehat.

Silahkan bergabung untuk diskusi