Nasi Lalap Tarakan, Si Ayam yang Membuat Lidah Bergoyang

STARJOGJA – SLEMAN. Kuliner khas ala Kalimatan Utara kini hadir di Jogja. Memboyong panganan sederhana tetapi bercitarasa mewah, Nasi Lalap Tarakan, Anda akan merasakan sajian berbeda tetapi tak menguras kantong.

Bagi masyarakat yang tinggal di Jawa, nasi lalap identik dengan seporsi nasi plus lalapan sayur mentah. Alhasil, bagi sebagian orang panganan ini tak terlalu menarik untuk disantap. Eits, tunggu dulu, jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan untuk nasi lalap ala Kalimantan Utara ini.

Pemilik warung makan Abah Zaky, Gusti Rachmadan mengatakan pembeda kuliner ini dibanding nasi lalap pada umumnya adalah pilihan lauk pauk dan sayur yang beragam.Nasi lalap adalah seporsi nasi putih dengan pelengkap beberapa potong daging ayam tepung. Ayam ini dibumbui rempah khas Kalimatan Utara lalu dibaluri tepung dan digoreng garing. Sebagai pelengkap ditambahkan juga beberapa lalapan sayuran rebus seperti sawi, kacang panjang dan kol juga beberapa irisan timun segar. Tidak hanya itu, yang membuat nasi lalap ini spesial adalah sambal terasi khas Kalimantan kualitas terbaik dan dibuat dari udang asli.

Gusti menjelaskan usaha ini dibuka pada awal 2017. Awalnya, warung yang buka pada pukul 11.00-21.00 WIB dan tutup pada hari Jumat ini menyasar mahasiswa Kalimantan di Jogja yang rindu citarasa kampung halaman. Namun dari proses getuk tular, asal pelanggan menjadi beragam.

Berlokasi di Jalan Candi Gebang nomor 16 Condongcatur, Sleman, Jogja, tempat ini juga menawarkan menu lain. Misal, ayam goreng mentega, capcay, ayam asam manis dan nasi goreng.

Mengenai harga, satu porsi nasi lalap dibandrol dengan harga Rp10.000, cukup murah untuk sebuah sajian yang lengkap. Apakah anda tertarik untuk mencicipi? (Santy Dilla/JIBI/Harian Jogja)

Silahkan bergabung untuk diskusi