Kota JogjaNews

148 Sukarelawan PMI Akan Terima Penghargaan

0

STARJOGJA, JOGJA – 148 orang sukarelawan Palang Merah Indonesia (PMI) DIY akan menerima penghargaan dari Gubernur DIY yang akan diwakili Wakil Gubernur DIY dan Ketua PMI DIY pada Rabu (18/10) di Bangsal Kepatihan Yogyakarta terdiri dari Pendonor Darah Sukarela (DDS) 75x sejumlah 32 orang, sedang DDS 50x ada 97 orang, 5 orang pengurus PMI aktif, 3 orang mantan pengurus PMI, Korps Sukarela (KSR) 5 orang dan 6 orang Tenaga Sukarela (TSR).

Pada saat yang sama juga akan dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara PMI DIY dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), ORARI, RAPI dan Basarnas dalam hal penyelenggaran penanggulangan bencana di Daerah Istimewa Yogyakarta, radio komunikasi, serta penyelenggaraan pencarian dan pertolongan terhadap kecelakaan, bencana dan/atau kondisi membahayakan manusia.

Semata-mata bertujuan untuk mencegah dan meringankan penderitaan sesama yang disebabkan oleh bencana atau akibat ulah manusia dan kerentanan lainnya dengan tidak membedakan agama, bangsa, suku bangsa, warna kulit, jenis kelamin, golongan, dan pandangan politik. Selain itu akan diserahkan pula Surat Keputusan Pengurus PMI DIY untuk Koordinator Forum Remaja Palang Merah Indonesia, Forum Korps Sukarela dan Forum Tenaga Sukarela PMI DIY.

Penghargaan kepada Pengurus/Mantan Pengurus dianugerahkan kepada pengurus yang telah menunjukkan pengabdiannya yang luar biasa terhadap kemanusiaan yang dilakukan tanpa mempedulikan kebebasan pribadinya untuk pelayanan kepalangmerahan baik pada saat terjadinya bencana alam maupun non bencana.

Selanjutnya penghargaan untuk kategori Donor Darah Sukarela (DDS) dianugerahkan kepada seseorang yang telah menyumbangkan darahnya melalui Palang Merah Indonesia secara sukarela tanpa menentukan orang yang memanfaatkannya dan tidak mengharapkan imbalan jasa yang dilakukan sebanyak 50x dan 75x.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI DIY), GBPH. H. Prabukusumo, S.Psi mengungkapkan penghargaan ini diberikan untuk menumbuhkan semangat, komitmen, dan pengabdian yang tinggi dalam setiap komponen PMI agar PMI dapat menjadi organisasi yang profesional, aktif, cepat, tanggap, dicintai, dan melayani secara efektif kepada masyarakat.(den)

6 Pimpinan Tinggi Pratama Sleman Dipenuhi Lewat Seleksi Terbuka

Previous article

Pemerintah DIY Persilahkan Warga Hadiri Open House di Kepatihan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja