Kab BantulNews

Nelayan Pantai Depok panen ikan

0

Starjogja.com, Bantul – Sejak sebulan terakhir, para nelayan Pantai Depok bernafas lega pasalnya tangkapan ikan melimpah. Saking melimpahnya dalam sehari, satu perahu jukung nelayan mampu membawa pulang berkuintal-kuintal ikan. Para nelayan bahkan mampu mengantongi penghasilan hingga jutaan rupiah hanya dalam satu hari.

Salah seorang nelayan Pantai Depok, Bantul Dardi Nugroho mengatakan, untuk mendapatkan tangkapan ikan yang melimpah, ia tak perlu melaut hingga ke tengah, seperti dikutip dari Harianjogja.com.

Menurutnya, cukup dengan menebar jaring beberapa meter dari bibir pantai nelayan dapat membawa berbagai jenis ikan seperti Bawal, Tengiri, layur, Tombol hingga Lobster. “Mulai melaut pagi pulang jam sebelas siang sudah dapat uang lima juta,” ungkap lelaki yang biasa disapa Dargon itu, Minggu (16/10/2017).

Ketua TPI Pantai Depok Tarmanto mengungkapkan, melimpahnya hasil ikan tangkapan sejak awal mulai dirasakan nelayan sejak September lalu. Musim panen ini diprediksi bakal berlangsung hingga akhir tahun. Data Tempat Pelelangan Ikan (TPI) menunjukkan, selama September, hasil tangkapan seluruh nelayan mencapai 53 ton.

Bagi para nelayan, kata dia, musim panen kali ini ibarat waktu berbuka. Sebab, tahun ini selama lebih dari enam bulan para nelayan benar-benar paceklik ikan. Selain tangkapan minim, kondisi gelombang di kawasan Pantai Depok menurutnya tak bersahabat. Kendati begitu, Tarmanto mencatat penghasilan para nelayan setiap tahunnya cukup lumayan. “Paling rendah Rp65 juta,” katanya.

Kepala Stasiun Metrologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY Agus Sudaryatno menuturkan, melimpahnya tangkapan ikan ini merupakan dampak dari Suhu Muka Laut (SMT) yang memanas sehingga banyak ikan yang menepi. Selain itu pada musim pancaroba seperti sekarang ini, ada peningkatan jumlah klorofil yang juga membuat ikan mudah berkumpul. Namun pihaknya mengimbau nelayan agar berhati-hati dengan cuaca yang cukup ekstrem saat pancaroba. (Am)

PLN Besok Lakukan Pemadaman di Jalan Godean

Previous article

Seluruh wilayah DIY diprediksi hujan ringan sampai sedang

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul