Kota JogjaNews

DIY sudah masuki musim hujan

0
MJO

Starjogja.com, Jogja – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Yogyakarta menyebutkan mulai memasuki musim hujan kendati masih sporadis atau belum merata di seluruh wilayah.

Kepala kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta, Joko Budiono, mengatakan awal musim hujan terlihat dari curah hujan saat ini yang telah mencapai lebih dari 50 milimeter per dasarian.

Ia mengatakan kondisi cuaca pada siang hingga sore terutama di bagian utara dan tengah Yogyakarta berpotensi hujan sedang-lebat. Sedangkan di bagian selatan Yogyakarta potensi hujan akan muncul di sore hingga malam hari dengan suhu udara berkisar 22-32 celcius dengan kelembaban antara 60-95 persen.

Pada musim hujan saat ini, kata dia, setiap bulannya akan mengalami tren kenaikan curah hujan secara bertahap dan puncak tertinggi hujan diprediksi terjadi pada Januari-Februari 2018. Curah hujan pada periode Puncak musim hujan diperkirakan mencapai 400-550 mm per bulan.

Menurut Joko, hal yang perlu diwaspadai dalam beberapa hari ini adalah munculnya hujan lebat dengan durasi singkat yang dapat disertai petir. Selain itu, potensi angin kencang akibat dari awan cumolonimbus, serta gelombang di laut selatan yang mencapai 1,25-2,5 meter.

“Kami mengimbau masyarakat mewaspadai potensi bencana seperti bahaya banjir terutama yang tinggal dibantaran sungai, menebang pohon yang tua dan cabang yang sudah rapuh untuk menghindari agar tidak roboh kena angin kencang serta berhati-hati terhadap bahaya longsor,” kata dia, seperti dikutip dari Antara.

Kasus DBD Yogyakarta Menurun, Pengaruh Nyamuk Wolbachia?

Previous article

Sleman optimis kunjungan wisatawan bisa mencapai 7,2 juta pada ahir tahun

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja