Yangko Icon Kuliner Kotagede

STARJOGJA, JOGJA – Yangko dan kotagede menjadi dua bagian yang tidak terpisahkan . Yangko menjadi makanan khas dari Kotagede.

Di Kotagede inilah sejarah Yangko yang dulunya dikenal sebagai makanan priyayi bermula. Dulu, Tidak semua rakyat biasa bisa menikmatinya karena harus mengeluarkan uang yang cukup besarBahkan Yangko ini dipercaya juga sebagai makanan yang dibawa Pangeran Diponegoro saat bergerilya karena Yangko dapat bertahan cukup lama dan tidak basi.

Nama yangko diyakini berasal dari kata kiyangko. Dalam pelafalan lidah orang Jawa, kata kiyangko diucapkan dengan singkat menjadi yangko. Meskipun tidak banyak seperti saat dahulu, penjual Yangko saat ini juga telah banyak ada di Yogyakarta.

Yangko ini hampir sama dengan kue mochi dari Jepang, namun yang membedakan adalah kue mochi bentuknya bulat dan teksturnya lebih lembek dan lebih kenyal. Yangko sendiri memiliki berbagai ciri khas yaitu bentuknya yang kotak dan dibaluri dengan tepung di bagian luarnya. Selain itu saat kita menyantapnya akan terasa kenyal dan lembut di mulut, sehingga menimbulkan sensasi tersendiri saat kita menyantapnya.  (DEN)

sumber gambar : http://www.negerikuindonesia.com

Silahkan bergabung untuk diskusi