Kota JogjaNews

BI Gencarkan Pembayaran Non Tunai

0

STARJOGJA, JAKARTA – Bank Indonesia menggencarkan sistem pembayaran non tunai guna mewujudkan transaksi yang aman, efisien dan praktis.

Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Pungky P Wibowo pada pelatihan wartawan Bank Indonesia 2017 menyebutkan bahwa pihaknya menargetkan Gerakan Nasional Non Tunai dapat mencapai hingga ke pelosok desa di Indonesia.

Ia menyebutkan saat ini sudah terdapat beberapa sektor dari gerakan non tunai yang telah berjalan misalnya untuk pembayaran transportasi, kepentingan transaksi belanja, transaksi jalan tol, hingga penyaluran bantuan sosial.

Bank Indonesia terus mendorong pergeseran perilaku transaksi masyarakat dari tunai ke nontunai melalui empat strategi elektronifikasi yang disinergikan dengan program-program pemerintah, seperti bantuan dana desa Inter-operabilitas dan inter-koneksi sistem pembayaran elektronik terintegrasi antar moda.Selain itu,Bank Indonesia juga mendorong pihak terkait untuk terus melakukan sosialiasasi terkait sistem pembayaran non tunai

sementara itu, Pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio mengungkapkan, realisasi dari kebijakan Gerakan Nasional Non Tunai di Indonesia diakui masih membutuhkan kerja keras. Apalagi di sejumlah daerah sarana seperti ketersediaan satelit sebagai pendukung kelancaran dari transaksi non tunai belum tersedia secara merata.(NAW/DEN)

Odol, obat jerawat darurat ala Aura Kasih

Previous article

Rambu Larangan Dipasang, Angkutan Barang dan Bus Dilarang Melintas Jalan Kabupaten

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja