Kota JogjaNews

Bawang merah pengaruh inflasi tertinggi di DIY

0

Starjogja.com, Jogja – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) DIY, JB Priyono mengatakan inflasi bulan tersebut terjadi akibat adanya kenaikan indeks harga konsumen kelompok bahan makanan, kelompok perumahan, air,listrik, gas dan bahan bakar serta kelompok sandang. Kelompok-kelompok tersebut menyumbang inflasi sebesar 0,58% dan 0,19%.

Priyono mengatakan beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga pada November 2017, sehingga memberikan andil terhadap inflasi paling besar adalah kenaikan harga bawang merah. Komoditas ini memberikan andil sebesar 17,14%.

Selain bawang merah, komoditas lainnya antara lain beras, telur ayam ras dan pasir yang mengalami kenaikan 0,80%, 4,91% dan 3,38%.  Harga pada komoditas cabai merah, brokoli dan daging ayam ras juga mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

Komoditas yang mengalami penurunan harga, sehingga memberikan andil menahan laju inflasi disumbang dari beberapa komoditas. Di antaranya daging sapi yang turun 2,57% dan buah pir yang mengalami penurunan harga hngga 9,04%.

(Am, Jibi)

Proses land clearing capai 97%, ahir Desember 2017 semuanya clear

Previous article

Ini dia tempat spa lumpur gunung berapi di Kolombia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja