Kota JogjaNews

Lajur Jalur Terban ke Arah Barat Akan Diperbanyak

0
rawan macet sleman

STARJOGJA,JOGJA – Dinas Perhubungan akan menambah lajur jalan untuk kendaraan ke arah barat dan mengurangi lajur kendaraan ke arah timur sebagai rekayasa lalu lintas bagi Jalan Terban, Yogyakarta.

“Akan ada tiga lajur ke arah barat dan satu lajur kendaraan ke arah timur,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Golkari Made Yulianto di Yogyakarta, Kamis.

Rekayasa itu dilakukan berdasarkan simulasi dan kajian yang dilakukan untuk mengurangi kemacetan di jalan tersebut.

Saat ini, lajur kendaraan ke arah barat maupun ke arah timur berjumlah sama, yaitu masing-masing dua lajur yang dipisahkan pembatas jalan dan pohon perindang.

Menurut Golkari, penambahan lajur ke arah barat dilakukan karena jumlah kendaraan dari arah timur maupun dari selatan yang akan masuk ke Jalan Terban lebih banyak dibanding kendaraan yang mengarah ke timur.

Berdasarkan hasil pemodelan dan simulasi yang sudah dilakukan, model manajemen lalu lintas tersebut cukup efektif mengurai kepadatan lalu lintas yang terjadi di Jalan Cik Di Tiro.

“Nantinya, kendaraan dari arah timur tidak perlu berputar balik di Jalan Cik Di Tiro tapi bisa langsung ke arah barat karena pembatas jalan di sekitar Bundaran UGM akan dihilangkan,” kata Golkari.

Dengan demikian, volume kendaraan yang masuk ke Jalan Cik Di Tiro bisa berkurang dan kepadatan lalu lintas di jalan tersebut akan kembali normal.

Golkari menambahkan model manajemen tersebut juga meminimalisasi potensi terjadinya “deadlock” di Bundaran Universitas Gadjah Mada (UGM) karena panjang antrian di simpang empat Jalan Terban diperkirakan hanya mencapai sekitar 85 meter.

“Kami pun akan mengatur durasi lampu lalu lintas di simpang Jalan Terban agar seluruh antrian kendaraan bisa melaju saat lampu hijau,” katanya.

Di simpang Jalan Terban, kendaraan yang akan berbelok ke kiri atau masuk Jalan C Simanjuntak harus menyesuaikan dengan nyala lampu lalu lintas.

“Tidak boleh belok kiri langsung. Jumlah kendaraan yang akan berbelok kiri biasanya juga tidak terlalu banyak,” katanya.

Sedangkan lajur untuk ke arah timur tidak akan dikhususkan untuk kendaraan umum saja seperti wacana awal yang pernah muncul, namun dapat dimanfaatkan untuk seluruh pengguna kendaraan.

Meskipun demikian, penerapan manajemen lalu lintas di Jalan Terban tersebut baru akan dilakukan jika sudah ada proses revitalisasi jalan dan pemindahan pohon perindang di pembatas jalan.(ANTARA)

Oglek Tari Khas Kulonprogo

Previous article

Kekurangan Komputer, Belasan Madrasah di DIY Harus Numpang Ujian

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja