JogjaKUUniknya Jogja

Pasar Kotagede : Pasar Legendaris Simpan Aneka Kuliner Ikonik

0
Kawasan Kotagede

STARJOGJA.COM,JOGJA – Kotagede memang menyimpan banyak sekali sejarah.Ada banyak bangunan yang menunjukkan peninggalan masa lalu di tempat ini.Tak terkecuali yang satu ini, Pasar Kota Gede atau banyak pula yang menyebutnya sebagai Pasar Legi.

Dulu ada pula yang menamainya dengan julukan Sargede. Disebut Pasar Legi karena saat Hari Pasaran Legi maka pasar ini menjadi lebih ramai dan dipenuhi pedagang yang datang dari tempat lain.

Pasar Legi Kotagede ini merupakan saksi sejarah ketika kerajaan dibagi menjadi dua, yaitu untuk Kasultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta.Ketika terjadi pemisahan tersebut pasar ini tidak dibagi termasuk masjid agung dan pasarean agung.

Pasar ini konon sudah ada sejak zaman kerajaan mataram pada abad ke-16 dan termasuk pasar tertua di Yogyakarta.Pasar ini menjadi pusat aktifitas ekonomi dan perdagangan terbesar di kala itu.

Di pasar ini kita bisa mendapatkan aneka kebutuhan pokok hingga kebutuhan lain seperti hewan peliharaan, kerajinan bahkan beberapa furniture juga dijual disini.Selain itu aneka jajanan tradisional khas Kota Gede juga bisa didapat dengan harga yang terjangkau.Sebut saja Kipo, Yangko, Kue Kembang Waru ataupun getuk yang manis jadi sasaran pengunjung yang kangen dengan makanan tersebut. (DEN)

sumber foto : gudeg.net

 

SGPC Bu Wiryo Tetap Tawarkan Pecel Yang Penuh Kenangan

Previous article

Ini Jadwal Donor Darah Sabtu 13 Januari 2018

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU