JogjaKUUniknya Jogja

Sujud Kendang Pergi Meninggalkan Kenangan Lagu Plesetan

0

STARJOGJA.COM,JOGJA – Dua kali diisukan meninggal dunia pada 2017 lalu, Sujud Kendang kini benar-benar pergi untuk selamanya. Pria yang memiliki nama asli Sujud Sutrisno itu mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Jogja, Senin (15/1/2018) siang, sekitar pukul 12.20 WIB.

Sujud Sutrisno dibesarkan keluarga seniman.Ayahnya, Wiro Suwito, yang berasal dari Klaten, Jawa Tengah, adalah seorang seniman karawitan dan cokekan.Sujud mengaku,sejak usia 11 tahun ia sudah mengamen menggunakan kendang.Ia belajar Karawitan dari ayahnya.Kendang menjadi alat musik favoritnya.

Sejak tahun 1964 mengamen adalah cara Sujud untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.Ia sering berkeliling dari rumah ke rumah,menelusuri kampung demi kampung.Saat ia ngamen,sering kali diikuti oleh anak anak yang tertarik dengan gaya nyentrik dan lagu lagu lucunya.

Kreativitas nya mengolah lirik lagu menjadi sebuah lelucon adalah keahliannyaLagu lagu khas plesetan Sujud di antaranya lagu Mata Indah Bola Pingpong yang dipopulerkan Iwan Fals, Susana yang dipopulerkan oleh Ari Wibowo dan Kolam Susu lagu koleksi Koes Plus.

Istri almarhum Mamik Sumaryati, 66 mengungkapkan almarhum meninggal setelah mengeluh sakit perut.
Dia sudah dua pekan dirawat di RS Wirosaban Jogja. Menurutnya tidak ada firasat apapun yang dialami keluarga hingga kepergiannya.Namun sebelum meninggal Sujud hanya minta dibelikan jeruk Bali dan es degan kalau sudah sembuh.(DEN)

Percaya Atau Tidak, Ini Buktinya Seorang Wanita Menikah Dengan Hantu

Previous article

Disdukcapil Kulonprogo Rekam Puluhan Data E-KTP di Sekolah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU