JogjaKUSejarah

Mengenang Jalur KA Jogja – Bantul

0

STARJOGJA.COM,JOGJA – Sebagai wilayah yang terus tumbuh, Jogja butuh transportasi untuk menghubungkan pusat kota dengan wilayah wilayah lain.Tak seperti sekarang yang dengan mudah kita menemukan moda tranportasi seperti motor atau mobil, dulu untuk menghubungkan Kota Jogja dengan wilayah Bantul digunakanlah sarana transportasi kereta api.

Seiring dengan waktu, transportasi ini tinggal menyisakan cerita dan bangunan yang dulunya menjadi stasiun kereta api.Tiga stasiun tua yang kini telah berubah fungsi itu adalah Stasiun Palbabang, Dongkelan dan juga Stasiun Ngabean.

Dulunya,Ketika jalur kereta api lokal masih berfungsi, wilayah Bantul dan kota Jogja dihubungkan dengan jalur kereta api. Jalur kereta api Jogja-Bantul berawal dan berakhir di dua stasiun yang berbeda. Stasiun Jogja dikenal dengan nama “Ngabean” dan stasiun Bantul dikenal dengan nama “Palbapang”. Di tengah-tengah jalur ini ada stasiun Dongkelan.

gambar : Stasiun Dongkelan Kini

Stasiun Palbapang terletak di 5 kilometer arah barat kota Bantul. Palbapang merupakan istilah lokal setempat yang menunjuk perempatan jalan.

gambar : Stasiun Palbapang

Stasiun palbapang kini menjadi terminal bis, sementara Stasiun Dongkelan masuk dalam kawasan PASTY sementara stasiun Ngabean berfungsi sebagai taman parkir.Bekas jalur relnya juga sudah tidak tampak dan disepanjang jalur rel kereta api Yogya-Bantul tumbuh pemukiman.(DEN)

gambar : https://id.wikipedia.org

Ini Wilayah Yang Terkena Pemadaman di Sabtu dan Senin

Previous article

2017, Kulonprogo Nihil Jual Beli Satwa Langka

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU