Kota JogjaNews

Orang Utan Suka Hidup di Dataran rendah

0

STARJOGJA.COM, JOGJA – Ditemukannya Orang Utan yang mati mengambang  tanpa kepala di Kabupaten Buntok, Kalteng, belum lama ini, patut disayangkan. Orang utan masih dianggap penggangu oleh masyrakat di sekitar hutan sehingga sering dibunuh dan diburu.

Padahal seperti diketahui Orang Utan merupakan salah satu dari empat hewan kera besar yang hidup di benua Asia, namun saat ini hanya ditemukan di pulau Sumatera dan Kalimantan. Berdasarkan estimasi terakhir, sekitar 14.470 orang utan yang masih terusisa di Sumatera dan 57.350 orang utan di Kalimantan. Populasi mereka makin berkurang akibat habitatnya berganti karena konversi lahan untuk sawit dan tambang, perburuan dan perdagangan liar.

Mahasiswa program pascasarjana Fakultas Biologi Universitas Gajah Mada ( UGM) Dr. Ike Nurjuita Nayasilanan mengemukakan orang utan memiliki perilaku suka hidup di daerah dataran rendah. Kesukaannya yang mencari makan di dataran rendah menyebabkan sering berhadapan dengan manusia.

“Orang utan dan manusia sama-sama senang hidup di dataran rendah. Di kalimantan itu mereka terfragmentasi karena di sana dataran tinggi hanya 700-800 mdpl. Bahkan di Sumatera, sekitar 75 persen hidup berada diluar kawasan konservasi,” kata Ike dalam Diseminasi hasil penelitiannya tentang adaptasi orang utan di hutan lindung setelah dilepas dari pusat rehabilitasi, Jumat (19/1) di Fakultas Biologi UGM.

Ike menilai kesukaan orang utan yang hidup di dataran rendah yang menyebabkan populasi mereka terus menyusut apalagi satwa yang dilindungi ini juga suka mengkonsumsi pakan berupa buah-buahan, daun, rotan dan serangga. “Orang utan memang mengeksplorasi habitat alaminya. Namun pergerakan mereka mengikuti sebaran pohon sarang dan pohon pakan,” katanya.

Berdasarkan penelitian sebelumnya,  Ike menyebut kemungkinan orang utan awalnya hanya satu spesies namun saat ini di temukan dua spesies di sumatera Pongo tapanuliensis dan orang utan sumatra (Pongo abelii). Sedangkan satu spesies lagi orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus) yang ada di Kalimantan. Munculnya dua spesies orang utan di Sumatera, kata Ike, besar dugaan akibat perubahan genetik akibat letusan toba. “Dugaan awal karena adanya Gunung Toba meletus sehingga ada barrier dari letusan itu.,” katanya.

Ike menambahkan dahulunya orang utan juga terdapat di Jawa, terbukti dengan ditemukannya fosil orang utan di pacitan. Namun kepunahan orang utan di jawa ,menurut dugaan Ike disebabkan konversi lahan akibat populasi manusia.

Dari penelitian Ike terhadap 16 orang utan yang dilepas ke bukit Batikap ,diketahui orang utan memiliki umur rata-rata yang hampir sama dengan manusia yakni 60-65 tahun bahkan ada yang berumur sampai 70 tahun. Namun orang utan yang tinggal di hutan rata-rata hanya berumur 55 tahun. Selama umur 0-8 tahun orang utan menyusui dengan induknya. Hingga menjelang remaja 12 tahun, biasanya orangutan  masih mengikuti sang induk. Orang utan jantan dewasa suka menjelajah hutan bertahun-tahun lamanya namun setelah tua akan pulang ke habitat awalnya. “Bisa dibilang pulang kampung,” katanya.

Orang utan umumnya melakukan aktivitas sejak matahari terbit hingga menjelang matahari terbenam. Mereka sering memakan buah-buahan, dedaunan, rotan, madu, dan minum air dari batang pohion.

”Saat kita teliti di hutan, ada yang unik, orang utan betina suka menggunakan stik saat makan serangga. Ini yang kita temukan di bukit Batikap,” katanya.

SUMBER : Humas UGM/Gusti Grehenson

Yuk Terbang Ala Iron Man di Pantai Baron

Previous article

Ini Wilayah Yang Terkena Pemadaman di Sabtu dan Senin

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja