Ini Sejarah Becak di Jogja

STARJOGJA.COM – JOGJA .Becak hingga kini masih menjadi salah satu icon transportasi di beberapa kota di Indonesia .Jogja salah satunya. Di kota ini,kita masih dengan mudah menemukan becak yang dipakai sebagai alat transportasi.

Keberadaan Becak punya sejarah panjang.Becak di Indonesia diyakini muncul pada masa awal Perang Dunia II. Sejarawan Sartono Kartodirdjo (1981) yang mengatakan “Becak di Yogyakarta mulai muncul sebelum Perang Dunia II. Sementara sumber lain mengatakan becak masuk ke Yogya melalui Semarang pada zaman penjajahan Jepang. “

Becak Jogja mengalami masa jaya mulai tahun 1950an. Jumlah becak berkembang pesat pada era 1970-an, seiring dengan mulai terasanya pembangunan ekonomi di masa awal Orde Baru.. Secara umum data tentang becak relatif tetap dari tahun ke tahun.

Tahun 1975 jumlah becak antara 4.712 dan 5.917 yang sama dengan data tahun 1995. Data dari DLLAJ diketahui bahwa jumla becak di Kota Yogyakarta adalah 4.515 becak dan untuk Propinsi Yogyakarta 6.379 becak.

Industri perbecakan di Yogyakarta terus berkembang hingga tahun 1990an, baik dari sisi industri produksi becak maupun industri ekonomi persewaan becak. Seiring arus modernisasi transportasi, becak yang lamban dan membutuhkan tenaga kayuh manusia semakin terpinggirkan secara perlahan. Kini becak pun mengalami pengembangan menjadi becak motor yang keberadaanya cukup marak dan mudah ditemui hingga pinggir kota.(DEN)

Silahkan bergabung untuk diskusi