Kota JogjaNews

Talut Sudah Berusia Tua BBWSO Akan Tanami Rumput

0
longsor
Ilustrasi Longsor ( FOTO : Jibi)

Starjogja.com, Jogja – Sejumlah talut di kawasan perkotaan dinilai sudah lanjut usia dan kelebihan beban. Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) berencana melakukan perbaikan dengan melakukan penanaman rumput di talut tersebut.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSO), Tri Bayu Aji mengatakan hampir semua talut yang ada di DIY sudah berusia tua. Pihaknya sendiri berusaha melakukan revitalisasi setiap tahunnya.

Tri menguraikan jika penanaman rumput akan coba dilakukan tahun ini. Meski tidak ada jenis tertentu yang akan ditanam, diperkirakan rumput jenis akar wangi bisa digunakan untuk tujuan ini.

Sebagai tahapan awal, talut di wilayah Kali Code akan dicoba diperkuat dengan rumput ini. Dikatakan jika rumput dinilai opsi yang lebih baik dibandingkan memperkuat talut dengan pemasangan batu.

Pasalnya, pemasangan batu untuk mencegah longsoran membutuhkan jangkar yang jauh ke dalam tanah. Hal ini sulit dilakukan karena luasan lahan dan kedalaman tanah di sekitar talut tersebut terbatas. “Dipasangi batu itu cuma terlihat kokoh padahal enggak,” katanya, dikutip dari Harianjogja.com.

(Am)

 

Romo Mangun, Bapak Arsitektur Modern Indonesia

Previous article

DPRD Ajak Sinau Pancasila

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja