JogjaKUSejarah

Museum Sandi Tempat Mengenal Penggunaan Sandi di Indonesia

0

STARJOGJA.COM,JOGJA – Ada banyak cara untuk mengenal sejarah suatu bangsa.Salah satunya lewat penggunaan sandi dalam sebuah komunikasi yang bersifat rahasia.Kalau anda ingin tahu seputar sandi ,saatnya berkunjung ke Musesum Sandi di kawasan Kotabaru Yogyakarta

Museum Sandi menempati sebuah gedung dua lantai bergaya kolonial yang terlihat masih asli dan terawat. Di halaman depan, ada papan keterangan status gedung ini sebagai bangunan cagar budaya. Sebelum menjadi lokasi Museum Sandi, gedung ini pernah digunakan oleh Badan Perpustakaan Daerah.

Gedung ini sempat difungsikan juga sebagai kantor Kementerian Luar Negeri RI pada 1947-1948. Hal ini terlihat pada prasasti Departemen Luar Negeri tahun 1995 yang ditandatangani Menteri Luar Negeri Ali Alatas S.H di dinding sebelah kiri

Koleksi unggulan Museum Sandi berada di ruang selanjutnya, yaitu Ruang Sandi Global. Koleksi unggulan berupa dua unit mesin sandi yang terbilang langka. Pertama, mesin sandi BC-543 buatan Swedia diproduksi mulai tahun 1930-an pernah digunakan oleh Belanda. Mesin ini diserahkan oleh pihak intelijen Belanda NEFIS setelah penyerahan kedaulatan RI oleh Belanda tahun 1949.

Koleksi unggulan lainnya mesin sandi KLB-7 buatan National Security Agency (NSA) produksi tahun 1940 pernah digunakan oleh Fretilin di Timor. Perwira Sandi ABRI berhasil merampas satu unit mesin itu pada Perang Timor Timur 1977.(DEN)

FOTO : http://cagarbudaya.kemdikbud.go.id

Pembangunan 153 RTLH Desa Caturharjo Selesai Dilakukan

Previous article

Redmi 5 Akhirnya Meluncur, Dilepas di Harga Rp2 Juta-an

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU