JogjaKUSejarah

Mengenal Sejarah Gedung PT Asuransi Jiwasraya di Kotabaru

0

STARJOGJA.COM, JOGJA – Jika melewati kawasan Kotabaru , tepatnya di barat SMA 3 Yogyakarta,Anda akan menemui bangunan tua yang kini menjadi sebuah kantor.Ada Banyak cerita dari Bangunan yang kini menjadi Gedung PT Asuransi Jiwasraya.

PT. Asuransi Jiwasraya merupakan badan usaha milik negara yang bergerak di bidang jasa asuransi. Perusahaan ini merupakan perusahaan asuransi jiwa pertama kali yang ada di Indonesia (Hindia Belanda waktu itu) didirikan dengan Akte Notaris William Hendry Herklots Nomor 185. Perusahaan ini berdiri pada tanggal 31 Desember 1859 yang awalnya lahir dengan nama Nederlandsche Indische Levenverzekering en Lijvrente Maatschappij (NILLMIJ) dengan tujuan mendidik masyarakat merencanakan masa depan.

Pada masa Belanda, gedung ini dipakai sebagai rumah salah satu pegawai Asuransi Nill Maatschappij, sementara pada masa Jepang dipakai sebagai tempat tinggal Butaico Mayor Otsuka, perwira tinggi angkatan bersenjata Jepang.

Pada tanggal 6 Oktober 1945, bangunan ini pernah dipakai sebagai tempat perundingan penyerahan senjata antara pejuang RI dengan Mayor Otsuka.
Dalam perundingan tersebut dari Indonesia antara lain Mohammad Saleh (KNI), R.P. Sudarsono dan Bardosono atas nama BKR. Dari pihak Jepang diwakili antara lain oleh Butaico Mayor Otsuka Kenpetai Sasaki, Kapten Ito dan Kiambuco.

Bangunan masih asli namun ada tambahan kanopi sehingga agak merubah fasad asli. Lantai diganti diganti menggunakan keramik. Bangunan ini sudah ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya.

sumber : https://kebudayaan.kemdikbud.go.id

 

Paramore Batal Konser di Jakarta: Begini Kronologi Lengkapnya

Previous article

Ini Jadwal Donor Darah Untuk Hari Ini

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU