Flash InfoTechno

Android P Dibekali Fitur Pencegah Aplikasi Jahat

0

STARJOGJA.COM, TEKNO – Android P telah ditunggu penggemar. Berbagai fitur terbarunya telah bocor ke publik, salah satunya fitur keamanan.

Sebagaimana dilansir Suara.com dari Techradar, Jumat (23/2/2018), fitur keamanan tersebut akan menyelamatkan Anda dari aplikasi yang diam-diam merekam keseharian Anda. Beberapa aplikasi diketahui dari percakapan secara diam-diam, misalnya GhostCntrl.

Melalui Proyek Android Open Source (AOSP), Android P diketahui akan mencegah aplikasi jahat untuk mengakses kamera atau mikrofon smartphone.

Lalu bagaimana fitur ini bekerja? Pada dasarnya setiap aplikasi memiliki user ID (UID), yang merupakan tanda pengenal unik yang diberikan Android ke setiap aplikasi yang terpasang.

Jadi, ketika Anda menjalankan Android P, layanan kamera akan menemukan ketika suatu UID menganggur. Dalam keadaan itu, Android akan mengeluarkan notifikasi dan memblokir akses ke kamera.

Dengan Android P membatasi kamera, aplikasi jahat tidak bisa berbuat banyak. Jika mereka masih ingin memata-matai Anda, mereka harus menerapkan layanan latar depan untuk beroperasi.

Ini bukan pertama kalinya Google mengambil tindakan keras terhadap aplikasi. Sebelumnya, mereka pernah menegur Cerberus karena diketahui melacak lokasi pengguna.JIBI/Solopos/Newswire

Ini Kisah Cinta 5 Bos Teknologi yang Sukses Mengubah Dunia

Previous article

Jalan Malioboro Ditutup Saat Karnaval

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info