Kab GunungkidulNews

Duh ! Setiap Wisatawan di Gunungkidul Tinggalkan 7 Ons Sampah

0

STARJOGJA.COM , GUNUNGKIDUL–Kesadaran atau budaya masyarakat untuk menyikapi permasalahan sampah, mesti ditingkatkan. Terutama dalam pemilahan sampah, dan pengelolaannya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Gunungkidul, Agus Priyanto mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui DLH terus berupaya mengedukasi masyarakat terkait pengelolaan sampah, sehingga menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis.

“Diharapkan nantinya masyarakat sadar bahwa sampah berguna, kedepannya dengan membentuk komunitas-komunitas kecil, penggerak bank sampah. Harapannya 144 Desa atau bank sampah semuanya ada,” ujarnya saat peringatan hari peduli sampah nasional di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Wukirsari, Baleharjo, Jumat (23/2/2018).

Dia juga mengatakan akan meningkatkan standar TPA Wukirsari sehingga menjadi lebih baik lagi. Semakin berkembangnya objek wisata juga menjadi perhatian DLH, terkait pengelolaan sampahnya.

Setidaknya setiap wisatawan yang datang menyumbang 0,7 kilogram (kg) atau 7 ons sampah. Sedangkan saat ini yang masih menjadi kendala pengelolaan sampah itu keterbatasan SDM kebersihan yang ada di kawasan wisata, terutama dikawasan pantai, hanya ada 22 orang.

Beberapa opsi akan diberlakukan menurut Agus, yang pertama dengan membangun TPA dikawasan selatan, atau membuat bank sampah dengan menggandeng komunitas. Herlambang Jati Kusumo/JIBI/Harian Jogja |

Ini Wilayah Yang Terkena Pemadaman di Hari Senin

Previous article

Olahraga Ringan dan Asupan Makanan Tepat Bikin Jantung Tetap Sehat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *