Flash InfoLifestyle

Makanan Pedas Picu Wasir, Ini 5 Cara Mencegahnya

0

STARJOGJA.COM,HEALTH – Bicara soal hemoroid atau wasir seolah tak ada ujungnya. Salah satunya adalah pertanyaan mungkinkah wasir bisa dicegah?

Dokter Spesialis Bedah Umum Franky Zulkarnain menjelaskan pencegahan wasir tergantung dengan gaya hidup yang dijalani seseorang. Dokter bedah yang berpraktek di RS Pondok Indah Pluit Jakarta, ini mengungkapkan bahwa tingkat wasir yang tinggi dimiliki oleh orang Asia.

Faktor makanan pedas yang merupakan jenis makanan umum di Asia memicu penyakit ini.

“Rasa panas yang ditimbulkan itu membuat usus mencerna lebih cepat bahkan yang terlalu pedas bisa membuat usus meradang. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya pelebaran pembuluh vena,” ujarnya.

Lalu, apakah itu berarti Anda tidak boleh sama sekali mengonsumsi makanan pedas untuk mencegah wasir?

“Begini, yang harus diperhatikan adalah keseimbangan yang Anda konsumsi. Bila Anda suka makanan pedas, jangan ketinggalan juga makanan berserat dan minum banyak air putih,” katanya.

Selain itu, Franky juga menyebut beberapa hal lain yang harus diketahui masyarakat untuk mencegah timbulnya wasir ini.

1. Banyak konsumsi makanan berserat, seperti sayur, buah, sereal. Usahakan juga secara rutin banyak minum air putih, sehingga siklus BAB Anda normal.

2. Turunkan berat badan mencapai berat badan ideal Anda. Mengapa? Karena kegemukan dapat memicu tekanan dalam perut, hingga meningkatkan risiko wasir.

3. Hindari kebiasaan mengejan.

4. Hilangkan kebiasaan berlama-lama pada saat BAB. Usahakan paling lama Anda berada dalam posisi duduk adalah 30 menit.

5. Lakukan peregangan atau sekadar berjalan santai setiap 30 menit sekali. Berada pada posisi duduk, atau jongkok terlalu lama akan menyebabkan tekanan yang besar pada area perut dan bisa memicu penyakit wasir.

Sumber : Tempo

Razia terhadap Taksi Online Dimulai Bulan Depan

Previous article

32% Jalan Kabupaten di Kulonprogo Rusak

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info