Kota JogjaNews

Guiding Block untuk Tunanetra di Malioboro Banyak yang Rusak

0

STARJOGJA.COM, JOGJA-Anggota Forum Pemantau Independen (Forpi) Fakta Integritas Kota Jogja memantau guiding block atau jalur khusus difabel penyandang tunanetra dan low vision di jalur pedestrian Malioboro, banyak yang rusak.

Forpi menemukan banyak guiding block yang rusak diduga karena terlindas roda gerobak pedagang kaki lima (PKL). Selain rusak juga banyak guiding block yang tertutupi gerobak PKL.

Petugas Jogoboro mengakui kondisi tersebut. “Sudah sering saya ingatkan gerobak jangan menutupi guiding block, tetapi ya begitu terus terulang,” Kata Sulis Setyawan, salah satu anggota Jogoboro.

Koordinator Forpi Kota Jogja FX Harry Cahya mengatakan, pemantauan yang dilakukannya berdasarkan pengaduan komunitas difabel yang kesulitan mengakses guiding block di Malioboro. Guiding block yang banyak mengalami kerusakan tepatnya di depan Pasar Bringharjo.

Pihaknya meminta Pemerintah Kota Jogja membuat tim khusus untuk mengawasi guiding block agar tidak tertutupi gerobak PKL karena guiding block merupakam fasilitas untuk difabel agar nyaman berjalan. “Kami mendorong supaya ada tim khusus pemeliharaan infrastruktur dan sistem pengawasannya,” ujar Harry. Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja |

INFO LALIN : Simpang 3 Janti Ramai Lancar

Previous article

Sleman Berikan Dispensasi Pelayanan Kependudukan Tanpa Denda

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja