Kota JogjaNews

Siswa SMA Akui Soal UNBK Matematika Lebih Sulit

0
UNBK SMA/MA hari pertama
Ilustrasi siswa ikuti UNBK

STARJOGJA.COM, JOGJA – Sejumlah Sekolah Menengah Atas di Yogyakarta mengakui soal ujian Matematika dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun ini lebih sulit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Perbandingannya kalau biasanya dikerjakan satu kali ketemu kali ini dua atau tiga kali belum tentu langsung ketemu (jawabannya),” kata Kepala SMA Negeri 11 Yogyakarta, Rudy Rumanto di Yogyakarta, Jumat.

Rudy mengakui banyak siswa SMAN 11 Yogyakarta yang mengeluhkan tingkat kesulitan soal Matematika pada UNBK tahun ini. “Saya sempat berpikir kalau di Yogyakarta saja (siswa) kesulitan, bagaimana di daerah-daerah terpencil di Indonesia lainnya,” kata dia.

Menurut dia, meski soal dirancang dengan menerapkan “high order thinking skills” (HOTS) atau membutuhkan daya nalar tingkat tinggi seperti kisi-kisi yang diberikan oleh Kemendikbud, namun pengembangan soal untuk UNBK ternyata terlalu luas.

Rudy mengatakan kendati penerapan soal HOTS dinilai positif untuk meningkatkan kualitas UNBK, sebaiknya pada masa transisi tahun ini soal-soal HOTS tidak diterapkan secara menyeluruh.

“Kalau menurut kami, soal HOTS boleh saja akan tetapi untuk awal-awal tidak semuanya, cukup sebagian dulu sajalah,” kata dia.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Yogyakarta Rudy Prakanto mengatakan para siswanya mampu mengerjakan soal Matematika UNBK, meski dirasa lebih sulit dan proses pengerjaannya membutuhkan waktu lebih lama.Menurut Rudy, soal HOTS cukup bagus dan perlu diterapkan untuk meningkatkan kualitas UNBK serta mendorong berpikir kritis serta mengasah daya analisis siswa.

Meski demikian untuk mengimbanginya, ia berharap para guru secara keseluruhan perlu dilatih terlebih dahulu agar mampu menyampaikan pembelajaran dan penilaian dengan soal-soal HOTS di kelas.(ANTARA)

4 Kebiasaan ala Psikologi Positif ini Bisa Menjaga Keromantisan

Previous article

Kulon Progo terpilih mengikuti Program Gerakan Menuju 100 Smart City

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja