Kab SlemanNews

BPJS Kesehatan Sleman Terus Tingkatkan Jumlah Peserta JKN KIS

0

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Jumlah peserta JKN-KIS yang terdaftar di BPJS Kesehatan Cabang Sleman sekitar 1,2 juta orang, dari jumlah penduduk sekitar Rp 1,5 juta orang. Sehingga yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sekitar 17 persen.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sleman, Janoe Tegoeh Prasetijo, pada acara Media Gathering BPJS Kesehatan Cabang Sleman,berharap program BPJS Kesehatan dapat diterima oleh masyarakat luas.Ia menyadari masyarakat masih ada yang belum paham apa itu program JKN – KIS.

Dalam kesempatan itu, Ia juga menjelaskan Tunggakan pembayaran premi untuk peserta mandiri atau Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Sleman, DIY, mencapai sekitar Rp 20,516 miliar. Sedangkan untuk peserta Badan Usaha (BU) mencapai Rp 153,838 juta.

Menurut Janoe, untuk peserta mandiri JKN -KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat) yang menunggak pembayaran premi biasanya pada saat sakit mendaftarkan dan setelah sakit tidak mau membayar. Sementara untuk badan usaha yang menunggak biasanya dikarenakan adanya perbedaan gaji yang dilaporkan dan jumlah pegawai yang belum dilaporkan.

Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Cabang Sleman Nugraheni Sjarifah E mengungkapkan jumlah peserta mandiri yang menunggak sekitar 23.739 KK (Kepala Keluarga). Sedangkan jumlah badan usaha yang menunggak sebanyak 45 badan usaha.

BPJS Kesehatan Cabang Sleman menerjunkan kader JKN untuk melakukan penagihan bagi peserta mandiri.Para kader JKN-KIS ditugaskan di kecamatan yang banyak tunggakannya seperti Kecamatan Depok, Kecamatan Godean, dan lainnya.

Sementara, untuk melakukan penagihan kepada badan usaha, BPJS Cabang Sleman bekerja sama dengan pengawas yang bekerja di Dinas Tenaga Kerja Provinsi DIY serta dengan Kejaksaaan Negeri. Bagi mereka yang melakukan penunggakan dalam pembayaran premi (red.iuran) JKN-KIS, ada sanksinya.(ALD/ DEN)

Jelang Musim Kemarau, Bantul Targetkan Wilayah Rawan Kekeringan Berkurang

Previous article

Google Siapkan Pesaing iMessage

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman