CulinaryFlash Info

Inilah 3 Kuliner Enak Dari Kota Kelahiran R. A Kartini

0

Starjogja.com, Jogja –  Raden Adjeng Kartini  adalah inspirasi bagi wanita Indonesia lahir di Jepara, Jawa Tengah.  Selain dikenal sebagai tempat Raden Adjeng Kartini lahir Jepara tenyata juga punya banyak kuliner enak.

Secara geografis Jepara ada di pesisir pantai sehingga hidangan khasnya tak jauh-jauh dari seafood. Tapi banyak jenis kuliner yang berbeda dari kota-kota lainnya.

Cita rasa dari kuliner dari Kota Jepara cenderung gurih dan segar, karena identik dengan makanan berkuah. Anda pasti akan mencarinya saat berkunjung ke kota asal RA Kartini.

Mengutip Okezone.com pada Sabtu (21/4), berikut adalah lima kuliner khas Kota Jepara yang hampir tidak sama dari tempat lain.

 1. Sop udang

Seafood udang dari Jepara diolah menjadi sop yang gurih. Warung yang menyediakan makanan laut di semua sudut kota di utara Jawa itu banyak yang menawarkan hidangan ini. Sop udang disajikan dengan kaldu kuah bercita rasa manis dan gurih. Anda bisa mencicipi udang segar dengan potongan kol, tahu goreng, seledri, bawang goreng dan tomat yang disiram kuahnya. Supaya kenyang, Anda bisa makan sop dengan nasi putih. Sop udang bisa disantap sebagai menu sarapan pagi untuk menghangatkan perut.

 

2. Lontong krubyuk

Kuliner khas yang disajikan dengan lontong sangat familiar ditemui di Pulau Jawa. Saat Anda berkunjung ke Jepara, cicipi lontong krubyuk yang disiram banyak kuah. Sajian hidangan ini mengandalkan suwiran ayam dan daging semur sebagai lauknya. Anda akan menikmati sedapnya kuah krubyuk yang melimpah dalam piring saji. Agar tambah enak, ada daun bawang cacah yang menjadi taburannya. Anda tak cukup makan seporsi saat menyantap hidangan ini. Karena rasanya berbeda dengan sajian lontong yang menjadi kuliner di tempat lain.

 

3. Pindang serani

Pindang serani merupakan sajian makanan kuah kuning yang menggunakan ikan laut. Kuliner ini sangat cocok disantap untuk makan siang. Anda bisa mengunjungi banyak rumah makan yang menyediakan makanan ini. Sop ikan laut rasanya hampir serupa dengan sop dari olahan resep Indonesia Timur. Kenapa ada olahan ini, mengingat Kota Jepara berada dekat pesisir pantai yang bisa menghasilkan beragam ikan laut segar dan enak diolah menjadi apapun.

Siapa tau Anda akan berkunjung ke Kota Jepara tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa sajian menu istimewa Kota kelahiran R.A Kartini tersaebut. (AM)

 

 

 

Avicii, Dj dan Produser Itu Tutup Usia di Usia Muda

Previous article

Inilah Salah Satu Sosok Kartini Zaman Now Menurut Netizen

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary