Ribuan Apem Meriahkan Ruwahan Berkah Pedestrian Code Gumreget

STARJOGJA.COM, JOGJA – Ruwahan Apem Gembalakan yang digelar di pedestarian kali code disemarakkan dengan arak-arakan masyarakat Gemblakan Bawah dengan memakai pakaian adat Jawa .Peserta juga membawa nasi Tumpeng beserta kue apem dan hasil-hasil produksi seperti Baju kaos, Deterjen dan lain-lain.

 

“Proses gunungan adalah sebuah upaya kita untuk mengungkapkan rasa syukur terhadap Allah SWT yang diwujudkan dengan menggunakan item-item sederhana seperti Nasi tumpeng dan hasil produksi (kaos)” ujar Pariyanto selaku ketua panitia
.

Selain dari pada itu, acara ini juga menjadi pemersatu masyarakat setempat dengan bergotong royong memasak kue tradisional seperti Apem.

Panitia acara mengapresiasi dukungan masyarakat pada acara ini.Jika sebelumnya hanya ditargetkan 1000 apem namun hingga kegiatan berakhir kegiatan ini bisa membuat 4600 apem.

Kegiatan ini pun juga disambut baik masyrakat setempat.Mereka merasa bangga menjadi bagian dari acara pelestarian budaya ini. Harapannya kegiatan ini mampu menjadi sebuah langkah untuk nguri-uri budaya jawa yakni gotong royong serta bisa menjadi pengingat akan rasa syukur kepada Tuhan YME

“Dengan mempertahankan adat dan tradisi seperti ini, saya menjadi bangga karena tidak semua masyarakat mampu dan berkeinginan untuk membuat acara adat tradisi seperti ini apalagi di kalangan anak muda saat ini yang mengikuti era perkembangan zaman, semoga acara ini bisa mengacu kalangan muda mudi untuk tetap menjaga adat dan tradisi dari leluhur kita” Putri Permatasari,Warga Gemblakan.(DEN/ASM)

Silahkan bergabung untuk diskusi